Menahan Pipis dan Kelamaan Duduk Bisa Sakit Ginjal, Mitos Atau Fakta? – FAJAR –
Kesehatan

Menahan Pipis dan Kelamaan Duduk Bisa Sakit Ginjal, Mitos Atau Fakta?

Ada mitos seputar penyakit ginjal yang belum tentu benar. Misalnya saja menahan buang air kecil dan duduk terlalu lama sering dihubungan dengan sakit ginjal. (Griswold Home Care)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sakit ginjal di era modern seperti saat ini memang bisa diakibatkan oleh gaya hidup. Tekanan darah dan gula darah yang tak terkontrol bisa memicu penyakit sakit ginjal. Namun yang dipercaya masyarakat, justru lebih banyak mitos seputar penyakit ini, yang belum tentu benar.

Misalnya saja menahan buang air kecil dan duduk terlalu lama sering dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit ginjal. Benarkah demikian? Mitos atau fakta?

Untuk membuat ginjal tetap sehat, memang benar jika seseorang harus lebih banyak mengonsumsi air putih. Sebab tubuh memerlukan hidrasi. Cairan yang mencukupi bisa menyebabkan aliran darah ke ginjal lancar. Biasakan minum air putih saat bangun tidur sebanyak 1000 CC atau dua botol air mineral ukuran sedang, lakukan secara bertahap.

Sedangkan, Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) ,Yulia, menyebutkan menahan pipis menyebabkan sakit ginjal hanyalah mitos. Karena seseorang tidak mungkin bisa menahan buang air kecil dalam waktu yang lama.

“Seberapa banyak sih orang bisa menahan pipis, mitos sih. Seberapa sih kan enggak sampai 10 menit. Kalau batu ginjal misalnya itu kan intake dari minumannya atau makanannya,” tuturnya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Mitos selanjutnya yang sering didengar adalah ketika seseorang terlalu banyak duduk bisa membuat ginjalnya sakit. Ternyata hal itu juga mitos. Menurut Yulia, selama masih melakukan peregangan aktivitas saat duduk dalam waktu lama dan banyak minum, maka tidak ada kaitannya dengan penyakit ginjal.

“Asal dia bangun tidak duduk saja, itu lebih kepada aktivitas dan lemak menumpuk,” tegas Yulia. (JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!