Tiga Rumah Sakit di Makassar Putus Kontrak dengan BPJS Kesehatan, Ini Penyebabnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tiga rumah sakit di Kota Makassar diputuskan kontrak kerja samanya dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, karena tidak memiliki akreditasi.

Namun BPJS Kesehatan Cabang Makassar memberikan batas waktu hingga Juni 2019. Itu dimaksudkan untuk memperbaiki akreditasi rumah sakit sehingga dapat menjalin kerjasama lagi.

Tiga rumah sakit tersebut yang tidak mengantongi akreditasi yakni RS Stella Maris, RS Fatimah, dan RS Pertiwi. Ketiga rumah sakit tersebut diberikan tenggang waktu hingga Juni untuk memperbaiki fasilitas kesehatannya.

“Ketiga rumah ini diberikan waktu hingga batas Juni 2019 untuk memperbaiki akreditasinya agar dapat menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan,”ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Ichwansyah Gani, Kamis (10/1/19).

Pemutusan kerjasama tersebut, lanjut Ichwan, juga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018. Dimana, rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan (Faskes) yang layak dapat menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Jadi memang dipersyarakatkan oleh Kementrian Kesehatan, dan diatur di Permenkes Nomor 99 Tahun 2015, tentang pelayanan kesehatan di rumah sakit,”jelasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...