Di HUT Bukalapak, Presiden Jokowi Bocorkan Masa Lalu Achmad Zaky

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo bongkar masa lalu CEO Bukalapak Achmad Zaky di acara perayaan HUT Bukalapak ke-9 di JCC, Jakarta, Kamis (10/1).

Mantan Walikota Solo itu mendapat bocoran soal jatuh bangun pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam membesarkan Bukalapak hingga menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Jokowi menyebut modal awal bisnis yang saat ini memiliki nilai kapitalisasi di atas USD 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun (kurs Rp14.500) hanya Rp 80 ribu saja. Dia juga sempat ragu saat menyebut angka Rp 80 ribu.

“Modalnya Rp 80 ribu, bener enggak ini? Oh betul,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan kalau modal awal itu digunakan untuk membayar iuran reservasi alamat internet yakni www.bukalapak.com. Namun kemudian, katanya, baru setahun setelah didirikan tepatnya pada 2011, Achmad Zaky sempat merasa putus asa dan tidak percaya diri. Bahkan, sudah hampir menyerah karena kehabisan uang.

“Setahun setelah didirikan Pak Zaky sempat putus asa sudah mau menyerah karena kehabisan uang dan juga calon mertuanya enggak yakin apakah Bukalapak ini akan berhasil atau tidak,” tuturnya.

Pada masa-masa ingin menyerah itu, Zaky lantas mengingat dan memikirkan ribuan pelapak yang sudah menggantungkan nasib dagangan mereka ke platform Bukalapak. Hal itu kemudian membuatnya menjadi semangat untuk melewati tahap demi tahap sampai sukses besar seperti saat ini.

“Karena saat itu sudah ribuan yang bergantung ke platfrom Bukalapak, Pak Zaky semangat. Dan tahap demi tahap jadi sukses besar seperti yang kita lihat saat ini,” ujarnya.

Singkat cerita, Jokowi pun mengharapkan Zaky bisa menjadi sebuah contoh dan inspirasi kepada seluruh pengusaha muda yang tengah merintis usaha di seluruh Indonesia.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...