Kejaksaan Eksekusi Tiga Terpidana Kasus Block Grant

FAJAR.CO.ID, MOJOKERTO - Tiga terpidana kasus korupsi dana block grant, akhirnya dieksekusi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto, Jumat pagi (11/1). Mereka langsung dijebloskan ke Lapas Kelas II B Mojokerto untuk menjalani hukuman masing-masing 1 tahun 6 bulan.

Ketiga terpidana itu adalah mantan Kasi Bina dan Sarana Sekolah Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemkab Mojokerto, Kasiono; Staf Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, Erwin Hartami Kurniawan, ST; dan mantan Kepala Bidang Dikmenum, Anggar Sutrisno.

Kajari Kabupaten Mojokerto Rudy Hartono, mengatakan, penahanan terhadap ketiganya setelah hakim Mahkamah Agung (MA) merampungkan proses persidangan, 5 Maret 2018. ’’Kasusnya sudah inkracht. Dan kita sebagai eksekutor, memiliki kewajiban untuk mengeksekusinya,’’ ujarnya dikonfirmasi Jawa Pos Radar Mojokerto (Grup Fajar).

Ditegaskan Rudy, ketiga terpidana akan menjalani hukuman penjara selama 1 tahun dan 6 bulan serta membayar denda masing-masing Rp 50 juta. Vonis yang dijatuhkan hakim Mahkamah Agung bernomor: 1761 K/Pid.Sus/2017 itu, lebih berat dibanding putusan pengadilan di tingkat Pengadilan Tipikor, Surabaya dan Pengadilan Tinggi, Surabaya.

Di tingkat pengadilan Tipikor, Surabaya, ketiga orang tersebut hanya dijatuhi hukuman penjara masing-masing satu tahun kurungan dan tanpa denda. Putusan ini jauh lebih rendah dibanding tuntutan JPU.

Saat itu, JPU menuntut hukuman penjara terhadap Kasiono dan Anggar Sutrisno masing-masing 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 50 juta. Sementara, Erwin dituntut hukuman penjara selama 1 tahun dan denda Rp 50 juta.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...