Masyarakat Menjerit, Menhub: Harga Tiket Masih di Bawah Batas Atas – FAJAR –
Ekonomi

Masyarakat Menjerit, Menhub: Harga Tiket Masih di Bawah Batas Atas

Ilustrasi.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi angkat bicara soal kenaikan harga tiket pesawat. Menurut dia, kenaikan itu masih sesuai dengan tarif batas atas yang sudah diatur oleh pihaknya.

Ketentuan soal tarif ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formula Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Beleid itu menyebutkan, untuk besaran kenaikan batas bawah maskapai tercatat yakni sebesar 35 persen dari sebelumnya 30 persen.

Sementara itu tarif batas atasnya mengatur bahwa besaran untuk maskapai dengan pelayanan dengan standar masksimum (full service) boleh menaikannya 100 persen.

Untuk medium service, maskapai diizinkan menaikkan setinggi-tingginya sebesar 90 persen. Sedangkan untuk maskapai dengan pelayanan standar minimum atau no frills services hanya diizinkan menaikkan sebesar 85 persen.

“Kita secara umum apa yang dilakukan itu masih di bawah tarif batas atas. Memang selama ini mereka perang tarif. Begitu harganya normal seolah-olah tinggi. Namun demikian, saya memang ajak mereka untuk secara bijaksana melalukan kenaikan itu secara bertahap. Kita lagi bicara,” ujarnya di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1).

Menurut Menhub Budi, evaluasi tarif batas atas dan bawah yang berlaku telah dievaluasi sejak empat tahun silam. Hingga saat ini, belum ada evaluasi kembali terhadap aturan tersebut.

“Jadi sebenarnya tarif-tarif ini adalah tarif yang sudah kita berlakukan empat tahun yang lalu,” kata dia.

“Karena kalau (dievaluasi) per tahun nanti malah naik. Jadi kira justru tadinya ada usulan menaikkan batas atas saya gak berikan. Saya sudah putuskan tahun ini tidak ada kenaikan batas atas,” tandasnya.

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!