Dipecundangi Pebulu Tangkis Ranking 125, Lin Dan Gagal Juara

Minggu, 13 Januari 2019 - 16:48 WIB

FAJAR.CO.ID – Superstar bulu tangkis Tiongkok Lin Dan harus menerima kenyataan pahit. Ia gagal meraih gelar juara di Thailand Masters 2019 setelah dipecundangi pebulu tangkis asal Singapura Loh Kean Yew, Minggu (13/1).

Kekalahan Super Dan yang merupakan unggulan pertama di turnamen ini tentu saja sangat di luar ekspektasi. Pasalnya, Kean Yew saat ini merupakan pemain yang berada di ranking 125 dunia. Merujuk dari ranking dan pengalaman, kualitas permainan Kean Yew semestinya jauh di bawah Lin Dan yang merupakan peraih dua medali emas Olimpiade.

Penepok bulu angsa berusia 21 tahun itu menundukkan Lin Dan dalam dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-18.

Dalam pertandingan tersebut, Lin Dan sebetulnya punya peluang menang setelah dua kali beruntun unggul dalam interval. Di gim pertama, Lin Dan sudah unggul 19-15 sebelum Kean Yew berhasil membalapnya tanpa memberikan kesempatan menambah poin.

Hal yang nyaris serupa terjadi lagi di gim kedua saat Lin Dan sedang memimpin 17-14. Kean Yew kembali menyalipnya dan hanya memberi Lin Dan satu kali kesempatan menambah poin.

Kekalahan ini membuat Lin Dan harus bersabar membungkam kritik terhadapnya setahun belakangan ini. Tahun lalu, Lin Dan cuma menjuarai satu turnamen yakni Selandia Baru Terbuka 2018. Julukan Super Dan pun perlahan sudah berubah menjadi First-Round-Lin lantaran ia beberapa kali harus pulang lebih awal setelah kalah di babak pertama.

Mengusung ambisi besar untuk lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 dan meraih medali emasnya yang ketiga, Lin Dan yang tahun ini akan genap berusia 36 tahun memang perlu usaha yang sangat keras hingga satu tahun ke depan. Kekalahan dari Kean Yew seakan sudah menjadi pertanda awal bahwa impiannya bermain di Olimpiade Tokyo 2020 tidak bakal mudah.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *