Ternyata Kim Jong Un Penggemar Michael Jordan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dianggap sebagai salah satu penguasa paling represif di dunia. Padahal dia baru berusia 35 tahun pada 8 Januari 2019 kemarin.

Setelah satu tahun mengantarkan perjanjian perdamaian internasional bersejarah dan banyak diskusi tentang persenjataan nuklir Korea Utara, pemerintahan Kim terus menimbulkan keprihatinan di panggung dunia.

Kariernya terkenal, tetapi masih sedikit hal yang diketahui tentang Kim. Berikut adalah kisah singkat tentang bagaimana ia menjadi salah satu diktator paling menakutkan di dunia.

Orangtua Kim Jong Un adalah Kim Jong Il dan pendampingnya, Ko Young Hee. Dia memiliki kakak lelaki bernama Kim Jong Chul dan memiliki adik perempuan bernama Kim Yo Jong.

Tahun kelahiran resmi Kim Jong Un adalah tahun 1982, berbagai laporan menunjukkan bahwa tahun itu diubah karena alasan simbolis, termasuk bahwa tahun itu adalah 70 tahun setelah kelahiran kakeknya Kim Il Sung dan 40 tahun setelah kelahiran Kim Jong Il.

Tetapi ketika Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada Kim Jong Un, negara tersebut mencantumkan tanggal lahir resminya sebagai 8 Januari 1984.

Dia kemudian pergi ke Swiss untuk sekolah asrama. Dia disebut “Pak Un” dan digambarkan sebagai putra seorang karyawan Kedutaan Korea Utara, Kim Jong Un diperkirakan telah menghadiri sekolah internasional berbahasa Inggris di Gümligen, dekat Bern.

Kim Jong Un digambarkan oleh mantan teman sekelasnya sebagai siswa yang pendiam yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, tetapi ia juga memiliki selera humor.

“Dia lucu,” kata mantan teman sekelas Marco Imhof dilansir dari Business Insider. “Selalu membuat tertawa.”

“Dia memiliki selera humor; bergaul dengan semua orang, bahkan murid-murid yang datang dari negara-negara yang menjadi musuh Korea Utara,” kata mantan teman sekelasnya yang lain mengatakan kepada surat kabar Jerman Welt am Sonntag. “Politik adalah hal yang tabu di sekolah, kita berdebat tentang sepakbola, bukan politik.”

Dia juga dilaporkan memiliki poster-poster Michael Jordan di seluruh dindingnya selama masa sekolahnya di Swiss. Meskipun Kim Jong Un kelebihan berat badan, ia adalah pemain bola basket yang baik.

“Dia adalah pemain yang sangat kompetitif, sangat eksplosif,” kata mantan teman sekelasnya Nikola Kovacevic kepada The Mirror. “Dia benci kalah. Menang sangat penting,” kata mantan teman sekelas Marco Imhof.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment