TKN Jokowi-Ma’ruf Amin: Tak Ada Kasus HAM Pada Masa Jokowi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tak sedikit kritik datang ke Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Era Jokowi diklaim sangat lemah dalam menangani kasus HAM sejauh masa kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) menegaskan, era Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla paling buruk penegakan HAM sejauh ini. Namun, hal itu dibantah oleh Direktur Hukum Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irvan Pulungan. Menurut Irvan, di era Pemerintahan Jokowi tidak ada catatan pelanggaran HAM.

“Saya kira tidak ada kasus HAM pada masa Pak Jokowi. Cuma persoalan HAM ini banyak terjadi sebelum Pak Jokowi. Kan cara mengatasinya ada lembaga terkait masalah itu,” ujar Irvan di Jakarta, Minggu (13/1).

Irvan menyebut selama kepemimpinan Jokowi, presiden tidak banyak ikut campur soal penegakan HAM. “Kita serahkan ke Komnas HAM, makanya saya katakan masalah hukum ini sama sekali Pak Jokowi tidak melakukan intervensi atau menjadi sebuah pembelaan atau melakukan diskriminasi terhadap orang atau kasus yang terjadi,” demikian Irvan. (RGR/Fajar/RMOL)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...