CVR Lion Air JT610 Ditemukan Tertimbun Lumpur

Senin, 14 Januari 2019 - 14:40 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kotak hitam atau black box Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air JT 610 berhasil ditemukan, Senin (14/1). Posisi benda tersebut berada di dalam lumpur dasar laut perairan Tanjung Karawang.

“Kedalaman laut itu 30 meter. Nah ini di bawah 30 meter di dalamnya ada lumpur lagi sekitar 8 meter. CVR di situ” kata Kepala Dinas Penerangan Koarmada I, Letkol Agung Nugroho saat dikonfirmasi.

“Tapi kita tidak bisa menyebut CVR itu ditemukan dalam kedalaman 38 meter. Lumpur bukanlah bagian dari kedalaman laut,” lanjut dia.

Agung menuturkan, pihaknya belum mengetahui apakah CVR milik pesawat Lion Air JT 610 langsung dibawa ke Kantor Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atau tidak.

“Dibawanya ke mana, kita masih nunggu koordinasi,” ucapnya.

Hingga kini CVR masih dibawa menuju Pondok Dayung dari lokasi temuan yang berada di perairan Tanjung Karawang. Pihaknya mengaku masih informasi dari KNKT terkait temuan tersebut.

“Kita masih koordinasi sama KNKT, apakah langsung atau bagaimana kita masih menunggu kordinasi,” jelasnya.

Seperti diketahui black box CVR ditemukan pagi ini sekitar pukul 09.10 WIB. Pasukan TNI AL dari Dinas Penyelam bawah air Koarmada I dan Kopaska berhasil menemukan black box CVR yang telah dua bulan lamanya jatuh di perairan Tanjung Karawang. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *