Fenomena Langka, Tim 4 Besar Liga 1 Musim Lalu Ditinggal Pelatihnya

Senin, 14 Januari 2019 - 11:12 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menyambut kompetisi Liga 1 2019, publik sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan keputusan Robert Rene Alberts. Pelatih kebangsaan Belanda itu mengundurkan diri dari PSM Makassar karena alasan kesehatan.

Robert wajib menjalani istirahat selama beberapa bulan. Tak ingin proses pemulihannya terganggu, ia akhirnya rehat sejenak dari panggung sepak bola.

Dengan keputusannya ini, Robert memperpanjang catatan pelatih yang memutuskan hengkang seusai perhelatan Liga 1 2018. PSM mengikuti Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung yang mesti ganti pelatih di Liga 1 2019.

Keempat tim tersebut merupakan penghuni papan atas klasemen Liga 1 2018. Ini jadi fenomena unik karena empat tim besar justru ditinggalkan pelatihnya.

Setelah juara, Persija Jakarta justru berpisah dengan Stefano Cugurra Teco. Eks pelatih Chiangrai United tersebut resmi hijrah ke Bali United.

Sebagai gantinya, Persija telah menghubungi Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu dinilai sudah memahami sepak bola Indonesia.

Di sisi lain, Bhayangkara FC mesti merelakan kepergian Simon McMenemy. Pelatih kebangsaan Skotalndia menerima tawaran untuk menangani Timnas Indonesia. Sejauh ini tim peringkat tiga di klasemen Liga 1 2018 itu belum mengumumkan sosok pelatih yang akan menggantikan Simon.

Hal sama dialami Persib Bandung. Sebelum tahun baru, mereka sudah mengumumkan perpisahannya dengan Roberto Carlos Mario Gomez. Kabarnya pelatih asal Argentina itu dipecat karena kerap memunculkan gejolak di dalam tubuh tim.

Sebagai gantinya, Persib menunjuk Miljan Radovic. Sang pelatih bukan nama baru buat Maung Bandung. Dia pernah bermain bersama Persib pada 2011-2012 lalu. Ketika itu Radovic mencatatkan 47 penampilan dan mengemas 17 gol.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.