Gedung Putih Minta Opsi Serang Iran

Senin, 14 Januari 2019 - 13:29 WIB

FAJAR.CO.ID – Tim keamanan nasional Gedung Putih beberapa waktu lalu meminta Pentagon untuk memberikannya opsi untuk menyerang Iran. Hal ini dilakukan setelah sekelompok gerilyawan yang bersekutu sengan Teheran menembakkan mortir ke sebuah daerah di Baghdad yang merupakan rumah bagi Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

Dua hari kemudian, gerilyawan tak dikenal menembakkan tiga roket yang mengenai konsulat AS di Kota Basra di selatan tetapi tidak menyebabkan kerusakan serius.

Sumber Gedung Putih yang anonim mengatakan, Pentagon menyusun opsi sebagai tanggapan atas permintaan tersebut. Laporang ini pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal dan berasal dari Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih yang dipimpin oleh John Bolton.

Mengutip pejabat dan mantan pejabat AS, surat kabar itu melaporkan bahwa permintaan itu memicu keprihatinan mendalam di antara para pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri.

Wall Street Journal juga melaporkan, tidak jelas apakah opsi tersebut diberikan kepada Gedung Putih, apakah Presiden AS Donald Trump mengetahui permintaan itu atau apakah rencana serius untuk serangan AS terhadap Iran mulai terbentuk pada waktu itu.

Departemen Luar Negeri tidak mengomentari laporan itu. Pentagon mengatakan, pihaknya memberikan opsi kepada presiden tentang berbagai ancaman.

Juru Bicara National Security Council (NSC) Garrett Marquis mengatakan, NSC melakukan hal yang sama dan akan terus mempertimbangkan berbagai pilihan setelah serangan.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *