Hore… Gaji Perangkat Desa Akan Setara ASN Golongan II-A

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo benar-benar memperhatikan nasib aparatur daerah. Tidaknya hanya untuk aparatur sipil negara (ASN) dan anggota TNI/Polri saja. Perangkat desa pun kebagian.

Rencananya orang nomor satu di republik ini akan memberikan gaji kepada para perangkat desa setara dengan pegawai negeri sipil (PNS) golongan II-A. Untuk mewujudkan itu, mantan wali kota Solo itu meminta waktu dua minggu. Permintaan waktu selama itu supaya dia bisa menyiapkan perangkat hukumnya.

“Sudah kita putuskan bahwa penghasilan tetap, (gaji, red) perangkat desa segera disetarakan golongan II-A,” kata Presiden di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Penyetaraan gaji untuk perangkat desa itu akan terealisasi melalui revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 dan PP 47/2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Penegasan itu disampaikan Jokowi saat menemui Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Istora Senayan, Senin (14/1).

Saat ini, beleid tersebut tengah diproses. Mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta waktu dua minggu untuk melakukan revisi. Waktu dua minggu itu untuk merevisi PP 30/2015 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Di dalam PP itu disebutkan bahwa ASN atau PNS golongan II-A sebesar Rp 1.926.000 per bulan.

Seketika saat Jokowi menyampaikan wacana tersebut para perangkat desa yang hadir langsung disambut gembira.

“PP-nya 43 dan PP 47 akan segera direvisi. Saya sudah perintah paling lama dua minggu setelah ini. Jadi kepada saudara sekalian ditunggu dua minggu sehingga segera bisa dilaksanakan dari perintah PP yang ada,” terangnya.

Selain penyetaraan gaji, seluruh perangkat desa serta kepala desa juga akan mendapat fasilitas BPJS Kesehatan. “BPJS (kesehatan) akan diberikan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa,” lanjutnya.

Dengan adanya pertemuan dan janji yang diberikan tersebut, Jokowi berharap para perangkat desa untuk mengurungkan niat melakukan demo di depan Istana Kepresidenan. “Saya ingin sampaikan, marilah kita semua kembali ke daerah masing-masing. Kita berdoa semoga selamat sampai tujuan,” tuturnya. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment