Prostitusi Online Artis, Polisi Tangkap 2 Mucikari di Jakarta, Penyidikan Mengarah ke VA

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Polda Jawa Timur (Jatim) terus berupaya mengungkap jaringan prostitusi online yang melibatkan puluhan artis. Kini, polisi telah meringkus dua mucikari yang sempat buron.

Kedua mucikari masih ditahan di Jakarta. Namun, polisi masih enggan membeberkan identitas keduanya. Yang jelas, kedua mucikari termasuk dalam jaringan ES dan TN. “Anggota kami masih di Jakarta,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (14/1).

Tapi penangkapan itu belum final. Masih ada kemungkinan mucikari lain selain dua buronan tersebut. Mucikari yang menjadi tersangka pun masih berpotensi bertambah.

Direktur Reskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, penyidikan kasus itu juga mengarah kepada VA. Dia diduga bertindak sebagai penyedia atau pelaku prostitusi.

Menurut Yusep, ada bukti kuat dari hasil penelusuran digital forensik. Diketahui bahwa VA telah melakukan transaksi keuangan sebanyak 9 kali. Yakni, 2 kali transaksi di Singapura, 1 kali transaksi di Surabaya, dan 6 kali transaksi di Jakarta.

Transaksi senilai Rp 40 juta dari ES kepada VA itulah yang terjadi di Surabaya pada 5 Januari 2019. ES mentransfer uang kepada VA sebesar Rp 35 juta. Sedang ES ndang menerima sisanya.

“Kami dapat dari hasil digital forensik berupa chatting Whatsapp dan sinkronisasi dengan berita acara pidan (BAP). VA difasilitasi 6 mucikari,” beber Yusep.

Sebelumnya, Kuasa Hukum ES, Franky Desima menampik kabar tersebut. Ia mengatakan bahwa kliennya mengaku tidak menerima uang sepeser dari siapa pun. Termasuk saat penangkapan yang dilakukan Polda Jatim, Minggu (6/1) lalu. Saat itu, kliennya menemani VA mendatangi seseorang berinisial R di sebuah hotel di Surabaya. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment