9 Makanan Berprotein yang Dapat Menurunkan Berat Badan – FAJAR –
Kesehatan

9 Makanan Berprotein yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Makanan sehat kaya protein dapat menurunkan berat badan. (net)

FAJAR.CO.ID – Protein adalah salah satu kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya sehat, makanan kaya protein ternyata bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Sehingga, jika Anda sedang dalam tahap penurunan berat badan, mengosumsi makanan kaya akan protein harus dilakukan. Tentunya dibareng dengan olahraga yang teratur. Berikut 9 makanan berprotein tinggi yang bisa turunkan berat badan seperti dilansir dari Campus2life, Senin (14/1).

 

  1. Almond

Almond termasuk dalam kategori kacang-kacangan, yang memiliki sumber protein. Anda dapat mengonsumsi kacang almond kapan pun saat dan bisa membuat kenyang lebih lama.

Almond bertindak seperti penekan nafsu makan yang besar. Bukan hanya protein, tetapi almond sarat dengan kalsium, vitamin E, magnesium, fosfor, seng dan berbagai elemen penting lainnya.

 

  1. Kacang Polong

Kacang polong mengandung proporsi protein yang besar. Dengan mengkonsumsinya Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Anda bisa memakannya mentah, merebusnya, menambahkannya ke dalam makanan, atau menaruhnya dalam salad.

 

  1. Telur

Telur merupakan pilihan protein yang sangat baik.  Anda dapat membuat telur rebus saat sarapan atau dimasukan dalam sandwich. Selain dari protein, telur adalah sumber yang kaya akan biotin, vitamin A, kalium, asam folat, dan banyak nutrisi penting lainnya. Jika telur dimasak menggunakan sedikit minyak, maka ia bisa menghilangkan lemak ekstra dari tubuh.

 

  1. Selai Kacang

Selai kacang merupakan sumber lemak sehat dan kaya protein.  Hanya beberapa sendok teh selai kacang dalam sehari dapat membuat Anda merasa kenyang dan menurunkan berat badan dengan cepat. Ini juga mengandung jumlah magnesium, vitamin e dan potasium yang baik.

 

  1. Daging Kalkun

Daging kalkun sarat dengan protein dan jika dimasak menggunakan sedikit minyak maka dapat banyak membantu menurunkan berat badan.  Selain dari protein, kalkun mengandung sejumlah besar asam lemak omega 3. Daging kalkun yang tersedia di pasaran tidak begitu sehat karena dimasak dalam minyak terlalu banyak. Jadi buatlah daging kalkun di rumah menggunakan sedikit minyak dan bahan-bahan sehat. Itu akan membuat Anda merasa kenyang.

 

  1. Kacang Mete

Kacang mete rasanya enak dan bisa dimakan dengan banyak cara. Anda bisa memakannya mentah atau menambahkannya ke resep. Kacang mete mengandung antioksidan dan sangat baik untuk tulang dan jantung.

 

  1. Bayam

Bayam adalah sumber yang kaya protein dan nutrisi lain seperti vitamin c, zat besi, kalium.mAnda dapat membuat hidangan lezat menggunakan bayam seperti saus pasta, sup, saus salad, semur, hidangan pasta.

 

  1. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang mengandung banyak protein. Mengkonsumsi buah ini tentu akan membantu menurunkan berat badan. Ini juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Mengkonsumsi jambu biji memastikan pergerakan usus halus bekerja secara teratur.

 

  1. Chia Seeds

Chia seeds juga merupakan sumber protein yang baik. Biji-biji ini sarat dengan serat dan asam lemak omega 3 juga. Biji chia juga kaya antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari tubuh. Anda dapat membuat puding, oatmeal, sereal, smoothie, hingga salad menggunakan chia seeds.

 

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!