Cara Mudah Menurunkan Risiko Kanker Payudara

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Kanker payudara tentunya menjadi hal yang menakutkan bagi setiap perempuan. Penyakit mengerikan ini dikenal sebagai penyakit keturunan sehingga banyak orang merasa aman karena riwayat keluarga mereka sebelumnya tidak pernah ada yang terkena penyakit mengerikan ini.

Namun hal ini bukan berarti kita sepenuhnya aman dari risiko kanker payudara.

Kanker payudara juga bisa berkembang dikarenakan faktor lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat.

Sangat penting untuk selalu mengecek keadaan payudara Anda. Karena kebanyakan dari para pengidap kanker payudara baru menyadari terserang penyakit ini setelah mencapai stadium lanjut sehingga susah untuk di sembuhkan.

Berikut adalah beberapa tips sehat yang harus diterapkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit yang mengerikan ini, seperti dilansir laman MSN, Senin (14/1).

  1. Faktor gaya hidup berkontribusi terhadap kesehatan payudara.
  2. Pertahankan berat badan yang sehat.
  3. Aktif secara fisik (seperti berjalan, latihan kekuatan, peregangan).
  4. Makan makanan berwarna-warni dengan banyak buah dan sayuran.
  5. Membatasi konsumsi alkohol (tidak lebih dari 1 porsi / hari: 4 ons anggur, 1,5 ons rum, 12 ons bir).
  6. Dilarang merokok.
  7. Menghindari obat dengan hormon reproduksi (seperti estrogen).

Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan kesehatan payudara Anda.

Sementara mempertahankan gaya hidup sehat sejak kecil bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 70 persen, menerapkan gaya hidup sehat pada usia 50 tahun bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 50 persen.

Jangan lupa untuk berbicara dengan dokter Anda tentang alat terbaik untuk deteksi dini yang sangat penting untuk keberhasilan perawatan Anda, apakah ada yang harus didiagnosis.

Dan jika Anda tahu Anda berisiko lebih tinggi, penting untuk mendiskusikan tindakan pencegahan ekstra yang mungkin perlu Anda ambil.

Alat untuk deteksi dini termasuk mammogram tahunan (mulai usia 40 tahun), pemeriksaan payudara tahunan oleh dokter Anda dan pemeriksaan payudara sendiri yang bisa Anda lakukan tiap bulan. (fny/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar