Hadiri Acara Amal, Walikota di Polandia Ditikam di Atas Panggung Hingga Tewas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Walikota Gdansk di Polandia meninggal di rumah sakit, sehari setelah ditikam berkali-kali di sebuah acara amal. Dilansir dari BBC pada Selasa (15/1), Pawel Adamowicz, 53 tahun, diserang di atas panggung di depan ratusan orang pada hari Minggu (13/1). Dia dibawa ke rumah sakit karena luka tusuk dan menjalani lima jam operasi di rumah sakit setempat.

Seorang pria 27 tahun dengan catatan kriminal telah ditangkap atas serangan itu. Polisi yakin dia menggunakan kartu pers untuk mendapatkan akses ke panggung. Menteri Kesehatan Polandia mengonfirmasi, Adamowicz telah meninggal. “Kami tidak bisa menang,” ujar Lukasz Szumowski.

Presiden Andrzej Duda menggambarkan serangan itu sebagai kejahatan yang sulit dibayangkan. Dia mengatakan, hari pemakaman politisi itu akan dijadikan sebagai hari berkabung nasional.

Adamowicz ditusuk pada hari Minggu ketika menghadiri Orkestra Besar Amal Natal, sebuah acara tahunan di mana relawan mengumpulkan uang untuk peralatan medis di rumah sakit.

Beberapa saat sebelum dia diserang, dia mengunggah gambar dari panggung di Instagram. Cuplikan televisi dari acara tersebut menunjukkan tersangka bergegas ke atas panggung lalu menikam Adamowicz beberapa kali. Paramedis mencoba menyadarkan Adamowicz di tempat kejadian, sebelum memindahkannya ke rumah sakit.

Media Polandia mengatakan, tersangka itu berusia 27 tahun bernama Stefan, tetapi identitas lengkapnya sejauh ini masih dirahasiakan.  Seorang juru bicara polisi mengatakan, pria itu memiliki sejarah kriminal yang panjang, termasuk perampokan bank dan serangan terhadap seorang petugas polisi.

Mereka juga mengonfirmasi kalau ia baru saja dibebaskan dari penjara akhir tahun lalu. Polisi mengatakan, mereka sedang mencari cara bagaimana tersangka bisa menembus keamanan acara.

Saat berada di atas panggung, dia dilaporkan berteriak, “Adamowicz sudah mati.” Ia mengatakan, partai Platform Civic, yang memimpin pemerintahan sebelumnya dan telah mendukung pencalonan Adamowicz, telah memenjarakannya.

Pelaku penikaman itu juga menuduh dia telah disiksa di balik jeruji besi. Tersangka akan menjalani penilaian psikologis untuk melihat apakah ia dapat dianggap bertanggung jawab secara pidana atas serangan itu. Ini menurut Jaksa Krzysztof Sierak pada konferensi pers pada hari Senin.

Adamowicz adalah seorang tokoh popular, yang terkenal karena pandangan politiknya yang liberal dan masa jabatannya yang luas sebagai walikota. Ayah dua anak ini berasal dari Gdansk dan telah memegang posisi itu selama dua dekade. Dia pertama kali berkuasa pada tahun 1998, dan telah terpilih kembali empat kali.

Dokter mengatakan, Adamowicz mengalami luka di jantungnya, tusukan itu memotong diafragma dan perutnya. Setelah berita tentang parahnya kondisinya jantungnya, warga setempat mengantri di rumah sakit untuk menyumbangkan darah. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...