Iis Eliyanti, Wanita Pertama dalam Sejarah Kepemimpinan Buton – FAJAR –
Nasional

Iis Eliyanti, Wanita Pertama dalam Sejarah Kepemimpinan Buton

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Setelah cukup lama sendiri dalam menahkodai Kabupaten Buton. Bupati Buton La Bakry kini bisa kembali berbagi tugas dengan wakilnya yang dipilih hasil pemilihan atau usulan di DPRD Buton. Ialah Iis Eliyanti yang menjadi pendampingnya selama sisa masa jabatan 2017-2022. Iis Eliyanti terpilih dari hasil voting 25 anggota DPRD itu, telah resmi bertugas usai dilantik Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi di aula Bahteramas kantor gubernur Sultra, Selasa (15/1).

Iis Eliyanti resmi diangkat sumpahnya oleh Ali Mazi berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo nomor 132.74- 8827 tahun 2018. Ia mengisi posisi jabatan yang ditinggalkan La Bakry. Pasalnya, La Bakry yang sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati, harus mengisi jabatan bupati yang ditinggalkan Samsu Umar Abdul Samiun karena terjerat kasus hukum.

Yang menarik, jika dilihat sejarah para pemimpin yang pernah menahkodai Kabupaten Buton. Belum pernah ada sosok perempuan. Baik yang menjabat sebagai bupati maupun wakil bupati. Dalam proses pelantikan, Iis tampak didampingi oleh sang putra, Odianov Chaliullah Almondo yang hadir menggantikan sosok sang ayah.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi berpesan agar dalam menjalankan tugasnya harus selalu mengutamakan kepentingan rakyat dan daerah. Harus saling merangkul dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini semuanya harus menyatukan niat, gerak dan langkah bagi kemajuan daerah masing-masing, dan kesejahteraaan masyarakat yang dipimpin,” ujar Ali Mazi.

Ia berharap, usai pelantikan tersebut-kepala daerah memantapkan diri membangun daerah, meningkatkan pelayanan, dan mengentaskan kemiskinan, perbaikan lebih baik pada aspek pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, bupati dan wakil bupati bekerja sama dan menjalin komunikasi dengan baik guna efektifitas pembangunan daerah. Begitu pula dalam menyusun strategi program untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ini saatnya kita bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di pelosok daerah kita merasakan pelayanan pemerintah dan adanya langkah konkret untuk pengentasan kemiskinan,” lanjutnya.

Dalam proses pelantikan tersebut, Ali Mazi juga turut melantik Ahmad Safei sebagai Bupati berdasarkan SK Mendagri no 131.74-8407 tahun 2018 tentang pengangkatan Bupati Kolaka, Ahmad Safei. Demikian Muhammad Jayadi berdasarkan SK Mendagri no 132.74-8408 tahun 2018 tentang pengangkatan wakil bupati Kolaka Muhammad Jayadin.

(MAN)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!