Timnas Thailand Jaga Nama ASEAN di Pentas Piala Asia 2019

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Thailand berhasil menjaga nama ASEAN di pentas Piala Asia 2019. Itu setelah mereka berhasil melaju ke babak 16 besar. Bukan apa-apa, kiprah tim-tim Asia Tenggara di ajang Piala Asia kerap kurang meyakinkan. Namun, dengan keberhasilan Thailand lolos dari fase grup, setidaknya ASEAN kembali diperhitungkan.

Thailand lolos ke 16 besar setelah pada matchday terakhir Grup A berhasil menahan imbang tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-1, Senin (14/1) malam WIB. Di lain sisi, India sebagai pesaing terdekat, pada saat bersamaan dikalahkan Bahrain 0-1.

Lolosnya Thailand tak semudah membalikkan telapak tangan. Pada laga pertama Grup A, mereka dikalahkan India dengan skor 1-4. Kekalahan itu membuat pelatih Milovan Rajevac dipecat. Sebagai gantinya, Sirisak Yodyardthai dipercaya memimpin tim.

Di bawah Sirisak, pada laga kedua Grup A, Teerasil Dangda cs mampu mengalahkan Bahrain dengan skor 1-0. Dan, mereka pun memastikan melaju ke 16 besar usai menahan imbang tuan rumah UEA.

“Kami senang dan sangat bahagia. Kami telah bekerja keras dan kami mendapatkan hasil luar biasa. UEA adalah tim kuat, namun kami tampil percaya diri dan mampu menahan imbang mereka. Kini, saatnya mempersiapkan diri untuk babak selanjutnya yang tentunya lebih berat,” beber pencetak gol ke gawang UEA, Thitipan Puangchan, seperti dilansir Fox Sports Asia.

Prestasi terbaik Thailand di Piala Asia adalah peringkat ketiga pada 1972. Ini menjadi penampilan ke-7 sepanjang sejarah. Terakhir kali Thailand tampil di Piala Asia pada 2007 silam.

Thailand bisa dibilang menjadi satu-satunya harapan ASEAN. Maklum saja, dua wakil ASEAN lainnya yakni Filipina dan Vietnam peluang lolos sangat berat. Mereka selalu kalah dalam dua laga awal di fase grup. Satu-satunya harapan lolos adalah menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik. Namun, peluangnya cukup berat.

Pada laga terakhir Grup C, Filipina menghadapi Kyrgyzstan (16/1). Sementara di laga terakhir Grup D, Vietnam meladeni Yaman (16/1). (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...