Jadi Calo CPNS, Oknum Caleg Raup Untung Rp600 Juta

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Polda Sulawesi Barat (Sulbar) membongkar praktik penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulbar pada tahun 2017.

Dalam kasus ini, polisi menangkap tersangka berinisial AN. Belakangan mengaku sebagai calon anggota legeslatif (Caleg) dari salah satu partai politik.

Wadir Ditreskrimum Polda Sulbar AKBP Iskandar menerangkan, kronologi kejadian berawal di tahun 2017 dimana terlapor AN mengurus para CPNS melalui jalur Kemenkumham Sulbar.

Dan dari 6 orang yang diurus dan telah diyakinkan akan lolos sebagai CPNS, namun ternyata tidak ada yang lolos satu pun.

Berhasil dengan aksinya penipuannya, tanpa ada laporan dari pihak manapun. Pelaku yang menjadi terlapor saat ini memutuskan untuk kembali melancarkan aksinya dengan mengimin-imingi para CPNS yang akan diterima pada tahun 2018, dengan menjanjikan pada calon korban apa bila sudah membayar maka sudah pasti lulus atau diterima.

Ketentuan yang diberikan pun cukup tak masuk akal, peserta diminta menyerahkan dana panjar terlebih dahulu maksimal Rp 100 juta, setelah Surat Keputusan (SK) pengangkatan terbit maka peserta melunasi menjadi total Rp 200 juta.

Alhasil, bila dijumlah pelaku berhasil meraih keuntungan Rp600 juta dari enam korbannya.

“Dari aksinya, terlapor terancam hukuman empat tahun penjara. Pasal yang dikenakan yakni pasal 378 KUHP tentang Penipuan,” kata Wadir Ditreskrimum Polda Sulbar AKBP Iskandar dikutip Pojoksulsel.com dari Parepos. (PP/why/pojoksulsel)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...