Kasus Dugaan Korupsi Pajak Balik Nama Kendaraan, Jaksa Bidik Pejabat Bapenda Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jaksa pada bidang tindak pidana khusus Kejati Sulsel, telah merampungkan proses penyelidikan kasus dugaan korupsi pajak balik nama kendaraan sepanjang tahun 2016 pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel untuk wilayah Kabupaten Maros.

Diketahui, jaksa sudah meminta keterangan dari sejumlah pihak terkait dengan kasus ini. Jaksa juga telah menemukan fakta dari banyak dokumen pajak kendaraan yang diteliti dan dipilah.

“Akan segera dilakukan gelar perkara,” kata Kepala Seksi Penyidikan Kejati Sulsel Andi Faik Wana Hamzah yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/1/2019).

Ekspose atau gelar perkara yang dilakukan untuk menetapkan status penanganan perkara ke tahap penyidikan disertai penetapan tersangka.

Menurut Andi Faik, proses penyelidikan ini berlangsung lama, karena adanya proses pencocokan serta ketetapan pajak daerah berisi BBNKB, PKB, Jasa Raharja, Registrasi STNK dan PNKB dengan yang masuk ke kas daerah pada tahun 2016 di Kabupaten Maros.

Dari pencocokan itu kemudian ditelusuri jumlah serta alur pembayaran apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak.

Sekadar diketahui, dalam kasus ini, Tim Kejati Sulsel telah memeriksa sejumlah pejabat Bapenda Sulsel. Bukan hanya itu, sejumlah dealer kendaraan roda dua dan roda empat juga telah dipanggil untuk dimintai keterangan.

(herman kambuna/pojoksulsel)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment