Kampanye Pilpres dan Pileg, Polda Sulsel Bakal Terjunkan Penjinak Bom

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel akan memberikan pengamanan ekstra terkait kampanye yang akan dilakukan nanti oleh kedua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang bertarung pada April 2019 mendatang.

Namun, hingga saat ini belum terlihat mobilisasi massa yang besar di Sulsel untuk melakukan kampanye dari pendukung kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Mereka mungkin menunggu momen kehadiran dari Jokowi dan Prabowo Subianto di Sulsel ini, itu yang mungkin mereka tunggu. Kalau itu sudah ada mungkin kita akan melakukan pengamanan yang lebih ekstra,”ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat ditemui di salah satu warkop di Makassar, Jumat (18/1/19).

Meskipun demikian, lanjut Dicky, pihak kepolisian akan melibatkan beberapa satuan dari Polda Sulsel, seperti penjinak bom, Sabhara, dan lainnya.

“Jumlah personil yang diturunkan itu kita melihat situasi dulu, kalau misalkan kampanye itu di lapangan Karebosi atau Hasanuddin pasti akan kita kasi pengamanan ekstra. Karena pada saat kampanye tidak boleh ada serangan apapun seperti teroris dan sebagianya,”terangnya.

Tak hanya soal pengamanan Pilpres, Polda Sulsel juga memerintahkan jajaran Polres maupun Polsek setiap Kabuapten/kota untuk melakukan pengaman ekstra terhadap pemilihan calon legislatif.

Hal tersebut perlu, sebab kata Dicky, mobilisasi massa para calon legislatif agak besar. Apalagi terdapat beberapa calon legislatif yang maju di DPR RI dari Sulsel.

“Tapi yang lebih kita kasi ekstra pengamanan terkait pasca perhitungan suara baik Pileg maupun Pilpres. Ini butuh pengamanan serius karena tidak menutup kemungkinan adanya gugatan maupun kekecewaan dari caleg terhadap pasangan calon yang lain. Tapi yang penting KPU dan Bawaslu netral, maka keamanan akan lebih optimal,”jelasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...