Komisi IV DPR: Jokowi Dalangnya Impor

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masalah impor beras, gula hingga garam yang massif terjadi di tahun 2018 kemarin tak lepas dari kebijakan Presiden Joko Widodo. Hal itu terungkap setelah digelarnya debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta pada, Kamis (17/1) semalam.

Dalam debat itu, Jokowi secara tidak langsung mengakui bahwa kebijakan impor selama ini bersumber dari dirinya selaku Presiden Indonesia. Itu terlihat dari pernyataan Jokowi saat menjawab pertanyaan dari Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait beda pendapat antara Menteri dan Kepala Bulog soal stok beras nasional.

Dalam pernyataannya di debat tersebut, Jokowi mengakui disetiap perbedaan antara sesama menteri ada hal yang biasa. Justru itu baik karena saling mengingatkan. Kemudian Jokowi menyebut kalau sudah diputuskan, impor atau tidak impor dalam perdebatan, maka harus dijalankan.

Artinya, pernyataan itu jika merujuk kebijakan impor beras saat ini bersumber dari Jokowi, kendati sudah diingatkan oleh data-data dari Kementan dan Perum Bulog soal stok beras nasional.

Menanggapi kerancuan penjelasan Jokowi dalam debat tadi malam itu, Anggota Komisi IV DPR KRT Darori Wonodipuro langsung blak-blakan menyebut bahwa Jokowi itu adalah dalangnya impor. “Ya Pak Jokowi itulah dalangnya impor, karena satu kebijakan yang diambil adalah impor,” kata Darori seperti dikutip dari RMOL, jejaring Jawapos Grup, Jumat (18/1).

Namun di sisi lain, publik dipertontonkan dengan para menterinya yang saling berdebat dan adu argumen. Penyampaiannya di publik pun berbeda-beda. Sebut saja yang pernah terjadi pada Mentan Amran Sulaiman dan Dirut Bulog Budi Waseso dengan Mendag Enggartiasto Lukito soal impor.

“Lho ini kok menteri-menterinya pada beda pendapat begini? Sebagai pimpinan harusnya Pak Jokowi tidak seperti itu. Berarti kan kalau begini terungkap bahwa dalang impor ya Pak Jokowi sendiri,” pungkas legislator Gerindra itu. (RGR/Fajar/rmol)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...