Ma’ruf Irit Bicara di Debat Perdana, Ini Penjelasan TKN

Jumat, 18 Januari 2019 - 05:04 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dalam debat perdana capres-cawapres peserta pilpres 2019, Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin menjadi kontestan yang paling sedikit berbicara. Dia hanya menyampaikan pandangannya terkait tema terorisme.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate mengatakan, koalisi memang memroyeksikan Ma’ruf untuk tema terorisme. Sebab, Ma’ruf dianggap paling menguasai tema tersebut.

“Memang mendesain Kiai Ma’ruf untuk merespons, menjawab hal-hal yang berkaitan dengan terorisme. Jadi, satu bagian karena memang itu keahliannya. Matang betul itu,” ujar Johnny di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (17/1).

Johnny menyebut strateginya ini berhasil. Terbukti dengan jawaban Ma’ruf yang begitu matang dan bisa menyakinkan publik.

Termasuk saat Ma’ruf menyampaikan cara mencegah berkembangnya terorisme. Aspek kultural memang harus ditekankan untuk mencegah paham radikalisme meluas.

“Kiai Ma’ruf menyampaikan hal yang fundamental tentang pencegahan terorisme. Aspek kultural,” jelas Johnny.

Lebih lanjut, politikus Partai Nasdem itu belum mau memberi kepastian apakah strategi serupa akan diterapkan di debat berikutnya. “Nanti kita lihat materinya lagi,” katanya.

Di sisi lain, Johnny menilai dari keseluruham debat perdana ini, kubu 01 berhasil mengalahkan kubu 02. “Bukan unggul lagi (kubu 01, Red) sangat unggul jauh,” pungkasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.