Presiden Temui Ibu-ibu Mekaar Setibanya di Garut

Jumat, 18 Januari 2019 - 12:15 WIB

FAJAR.CO.ID, GARUT – Presiden Joko Widodo langsung menemui ibu-ibu pelaku wirausaha mikro binaan program Mekaar dari PNM setibanya di Garut, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tiba di Stasiun Cibatu, Garut, sekitar pukul 10.40 WIB dan disambut oleh masyarakat Garut yang telah berkerumun menantinya di stasiun hingga ke luar area.

Mereka antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ke daerah tersebut.

Presiden kemudian menyempatkan meninjau singkat panel reaktivasi jalur kereta api dari Cibatu-Garut-Cikajang di stasiun itu.

Ia selanjutnya menuju Halaman Masjid Agung Cibatu untuk menemui ibu-ibu binaan program Mekaar dari PNM lalu setelahnya menunaikan sholat Jumat.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengatakan semua orang berhak untuk berhasil dalam berwirausaha.

Ia juga berdialog dengan beberapa ibu yang mendapatkan bantuan dan pendampingan dari program Mekaar PNM.

Heny Yuniati, warga setempat yang ditunjuk untuk maju berdialog dengan Presiden mengaku mendapatkan pinjaman dari program Mekaar sebesar Rp3,5 juta untuk berjualan lampu LED dan lampu emergency di pasar.

“Alhamdulillah lancar tepat waktu,” katanya saat ditanya Presiden mengenai cicilannya mengangsur pinjaman.

Selanjutnya Presiden berdialog dengan Sifa Fariani yang merintis usaha kredit barang dan jualan sembako dengan omset Rp500.000/hari saat ramai. “Untuk modalnya dari Mekaar,” katanya,

Presiden menegaskan pentingnya para ibu menggunakan pinjaman tersebut untuk keperluan produktif.
“Saya titip ini, jangan sampai dapat Rp2 juta yang Rp1 juta buat beli baju baru biar cantik,” katanya.

Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) merupakan program pinjaman PNM kepada ibu-ibu keluarga prasejahtera sekaligus merupakan upaya pemerintah dalam membantu keluarga prasejahtera yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Mekaar memberikan peminjaman modal serta penanaman nilai penting bagi setiap nasabah untuk jujur dalam melakukan usahanya, disiplin dalam kehadiran disetiap pertemuan dengan kelompok dan juga mengangsur pinjaman serta kerja keras untuk terus mengembangkan usahanya.

Presiden setelah berdialog dengan perempuan pengusaha mikro kemudian salat Jumat di Masjid Agung Cibatu, Garut.

(Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.