Berada di Alam Terbuka Bagus untuk Suasana Hati – FAJAR –
Kesehatan

Berada di Alam Terbuka Bagus untuk Suasana Hati

Wisata alam Malino, Gowa, Sulsel. (net)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Berada di alam terbuka bahkan hanya lima menit bisa bermanfaat positif untuk suasana hati Anda, menurut studi dalam The Journal of Positive Psychology.

Seperti dikutip dari Indian Express, Minggu (20/1), studi ini mengungkapkan bukti kuat bahwa berkontak dengan alam meningkatkan kesehatan manusia, termasuk kesejahteraan emosional.

Untuk sampai pada hasil, peneliti melakukan dua studi dengan bantuan partisipasi dari mahasiswa. Dalam studi pertama, mereka memeriksa apakah kontak lima menit dengan alam dapat memengaruhi emosi “hedonis dan transenden-diri”.

Dalam studi kedua, peneliti mengamati apakah perbaikan dalam suasana hati bergantung pada durasi waktu yang dihabiskan di luar.

Hasilnya, kontak singkat mengarah pada peningkatan “baik emosi hedonis maupun transenden-diri”, sementara durasi kontak, bagaimanapun, tidak berpengaruh pada peningkatan ini.

Menurut sebuah laporan di Time, menghabiskan waktu di ruang hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus menjadikan seseorang lebih bahagia. (Antara)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!