KPU Akan Ubah Format Debat Kedua, Diprioritaskan Kepada Capres

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Setelah sukses menggelar debat Capres-Cawapres, Kamis 17 Januari 2019 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat kedua Capres-Cawapres akan berlangsung pada 17 Februari 2018 mendatang.

Komisioner KPU RI, Viryan Azis mengatakan untuk debat Capres-Cawapres mendatang, KPU akan mengangkat masalah energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.”Yang kedua nanti kita khususkan masing-masing Capres saja,”ujarnya saat ditemui di percetakan PT Adi Perkasa, Jalan Adipura Kota Makassar, Minggu (20/1/19).

Terkait dengan debat pertama, pihaknya pun merasa bersyukur karena pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Namun, pada debat kedua, lanjut Viryan, lebih mengedepankan keinginan publik yang mana debat kedua berjalan dengan aman.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, KPU akan mengevaluasi dan mengubah format debat sesuai dengan permintaan dan masukan dari berbagai pihak.

“Secara teknis masukan kepada KPU ada permintaan dari sejumlah pihak agar kisi-kisi dan daftar pertanyaan tidak perlu dilakukan pendekatan daftar pertanyaan terbuka. Ini masukan penting bagi kami. Tapi akan dievaluasi pada rapat Pleno Minggu depan,”lanjutnya.

Dikatakan Viryan, tujuan KPU memberikan kisi-kisi dan daftar pertanyaan terbuka pada debat pertama kemarin, dimaksudkan agar masing-masing Capres bisa mengeksplorasi secara lebih mendalam visi misinya.

“Tapi semangatnya adalah kita senang masyarakat antusias, bahkan di banyak daerah dilakukan kegiatan nonton bareng. Kalau kita lihat di media sosial perdebatan kemarin menjadi tranding topik. Maka ini menjadi perhatian pemilu,”jelasnya.

Meskipun demikian, ia berharap kedepannya pada debat kedua, setiap pasangan calon bisa menyampaikan program-programnya.”Visi misi terukur yang bisa menjadi tolak ukur pertimbangan pemilij untuk menggunakan hak pilihnya nanti,”tandasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment