KPU Resmi Cetak Surat Suara Pemilu 2019, Sulsel Dapat Bagian 78 Juta Lembar

Minggu, 20 Januari 2019 - 12:13 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mencetak surat suara untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019, pada hari, Minggu (20/1/19). Khusus untuk wilayah Indonesia bagian timur, PT Adi Perkasa Makassar masuk dalam lelang pencetakan surat suara Pemilu 2019.

“Pada hari ini, Minggu 20 Januari 2019 sekitar pukul 11.00 kita mulai pencetakan perdana surat suara untuk Pemilu 2019. Jadi akan dicetak dibeberapa titik di wilayah Indonesia,”kata Komisioner KPU RI, Viryan Azis saat mengunjungi perusahaan percetakan PT Adi Perkasa, Jalan Adipura Makassar.

Kata Viryan, pencetakan surat suara tersebut murni dilakukan di indonesia, dengan jumlah surat suara 939 juta surat suara. Sementara untuk wilayah Indonesia bagian timur, jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 78 juta lembar untuk delapan provinsi.

“Dan nanti akan dilanjutkan pendistribusian ke seluruh daerah di Indonesia. Dan diprioritaskan terhadap daerah yang jauh seperti Papua,”lanjutnya.

Pencetakan surat suara tersebut, lanjut Viryan, diupayakan selesai selambat-lambatnya pada awal Maret 2019. Dimana setiap surat suara yang selesai dicetak langsung dikirim ke daerah.

“Dan nanti di KPU kabupaten/kota akan disortir. Maksudnya, akan dipilah hanya lembar surat suara yang bagus saja, yang sesuai dengan standar kita untuk dimasukkan di kotak suara. Dan nanti akan disampaikan kepada KPPS pada 16 April 2019,”jelasnya.

Viryan menjelaskan bahwa, proses pencetakan surat suara tersebut melalui sistem e-katalog. Dimana dilakukan lelang terbuka terhadap 34 paket dari KPU. Pemenang lelang tersebut akan diambil berdasarkan harga terendah yang disepakati.

“Dengan demikian terjadi konsisten seperti ini. Setiap pabrik (pencetakan surat suara) akan diawasi dan dijaga oleh aparat kepolisian. Insya Allah surat suara dicetak dengan baik dan aman,”pungkasnya. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.