Oatmeal Koloid Ternyata Berkhasiat Merawat Kulit

Minggu, 20 Januari 2019 - 10:48 WIB

FAJAR.CO.ID – Otameal ternyata sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno untuk perawatan kulit. Formulasi oatmeal khusus digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, dari melembapkan hingga sabun mandi.

Pada tahun 1945, senyawa oatmeal koloid mulai lebih banyak tersedia untuk merawat kondisi kulit, menurut Journal of Drugs in Dermatology. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang biasa digunakan dalam lotion maupun untuk mandi, dilansir dari Healthline.

Secara khusus, itu adalah oatmeal yang telah digiling halus atau dipotong dan ditangguhkan dalam cairan. Oatmeal koloid memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Oatmeal koloid mengandung vitamin E, asam ferulic, dan aventhramides. Journal of Drugs in Dermatology melaporkan bahwa aventhramides adalah antioksidan utama dalam gandum.

Bahkan dalam jumlah kecil, senyawa yang ditemukan dalam oatmeal koloid menghambat tumor necrosis factor-alpha dan pelepasan interleukin-8, yang telah dikaitkan dengan kondisi seperti psoriasis. Senyawa ini juga mengurangi rasa gatal.

Oatmeal koloid juga mengandung polisakarida pengikat air, yang merupakan bentuk gula, serta senyawa yang disebut hidrokoloid. Senyawa ini bisa melindungi kulit agar tidak kehilangan kelebihan air.

Manfaat lain dari oatmeal koloid meliputi bertindak sebagai zat penyangga, yang membantu kulit mempertahankan pH normal hingga menyediakan aktivitas antivirus. Seperti membantu mengobati ruam kulit, membersihkan kulit berkat kehadiran saponin yang memiliki aktivitas seperti sabun.

Selain itu, produsen kosmetik menambahkan oatmeal koloid ke shampo dan gel cukur untuk memberikan perawatan yang menenangkan kulit. Anda juga dapat membeli rendaman oatmeal yang sudah jadi atau membuatnya sendiri untuk menikmati manfaat oatmeal yang menenangkan kulit. (jpc/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *