Permudah Camaba Pilih Jurusan Kuliah, KMP Unhas Gelar Try Out

Minggu, 20 Januari 2019 - 18:10 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba), menentukan pilihan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan studi di bangku SMA/ SMK terkadang menjadi kendala. Sebab sejumlah perbedaan jenjang pendidikan dan pilihan jurusan yang begitu banyak tak jarang membuat para calon mahasiswa bingung.

Karenanya, untuk memberikan orientasi atas perguruan tinggi, Keluarga Mahasiswa Pinrang (KMP) Unhas menggelar Try Out bagi Calon Mahasiswa Baru se-Kabupaten Pinrang pada Minggu (20/01/2019).

Hadir selaku pembicara dalam Try Out Calon Mahasiswa ini, Wakil Ketua Kerukunan Keluarga Pinrang, Abdillah Natsir yang juga Pendiri Kerukunan Mahasiswa Pinrang (KMP), menyampaikan kepada seluruh peserta agar tidak salah memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi.

Dihadapan sekitar 900 peserta, Abdillah Natsir mengatakan, memilih Perguruan Tinggi bukan hal yang mudah meski juga tidak terbilang sulit, selama para peserta Try Out memiliki rasa ingin tahu yang cukup sehingga dapat menemui orang – orang yang paham secara detail Perguruan Tinggi yang akan menjadi pilihan.

“Banyak pilihan Universitas bisa menjadi referensi adik – adik. Contohnya Unhas atau Kampus lainnya baik di Sulsel maupun di Pulau Jawa. Namun yang paling perlu diperhatikan dengan baik tentunya pilihan Fakultas/Jurusan yang sekiranya sesuai dengan keahlian atau kemampuan. Jangan hanya ikut teman”, Kata Abdillah Natsir yang juga Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golkar ini.

Pada kesempatan itu, Abdillah Natsir juga menghimbau kepada peserta Try Out untuk mencari tahu bantuan beasiswa baik dari Perguruan Tinggi atau Yayasan yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan.

“Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apa lagi di perantauan. Karenanya, ada baiknya adik-adik juga harus bisa memperoleh beasiswa baik dari Perguruan Tinggi atau Yayasan yang menyediakan beasiswa,” terangnya.

“Lembaga yang menyediakan beasiswa itu banyak. Adik-adik bisa cari informasinya di Google. Bisa juga tanya-tanya ke senior kalian yang sudah pernah menerima Beasiswa.¬†Biasanya ada dari perusahaan, ada dari yayasan, ada dari kementerian misalkan LPDP dari Kemenkeu, dan masih banyak lagi,” ujar Abdillah Natsir.(*/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.