Campur Kunyit dan Jahe dalam Minuman Ini, Raih 10 Khasiatnya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Manfaat rempah jahe dan kunyit sebagai bumbu masakan tak perlu diragukan lagi. Kedua bumbu itu diandalkan sebagai bahan penyedap dan penghilang bau amis dalam masakan. Ternyata keduanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan sudah lama digunakan sebagai obat.

Dilansir dari Healthline, Senin (21/1), minuman susu sapi direbus bersama jahe dan kunyit ternyata bisa memberikan manfaat sehat. Minum hangat-hangat ditambah dengan campuran rempah kayu manis.

Minuman ini dipercaya bisa menjadi obat alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Barangkali minuman itu mirip seperti minuman kesehatan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Berikut manfaatnya,

 

Mengandung Antioksidan

Bahan utama dalam susu rempah ini adalah kunyit. Curcumin, komponen aktif dalam kunyit, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad karena sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel, melindungi tubuh dari stres oksidatif. Mereka penting untuk berfungsinya sel-sel.

 

Kurangi Nyeri Sendi

Bahan dalam susu kesehatan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Alzheimer dan penyakit jantung bisa dicegah sejak dini. Diet yang kaya akan senyawa antiinflamasi dapat mengurangi risiko terhadap kondisi ini. Penelitian menunjukkan bahwa jahe, kayu manis dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Efek antiinflamasi ini dapat mengurangi nyeri sendi akibat osteoartritis dan artritis reumatoid.

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...