Campur Kunyit dan Jahe dalam Minuman Ini, Raih 10 Khasiatnya

Senin, 21 Januari 2019 - 10:40 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Manfaat rempah jahe dan kunyit sebagai bumbu masakan tak perlu diragukan lagi. Kedua bumbu itu diandalkan sebagai bahan penyedap dan penghilang bau amis dalam masakan. Ternyata keduanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan sudah lama digunakan sebagai obat.

Dilansir dari Healthline, Senin (21/1), minuman susu sapi direbus bersama jahe dan kunyit ternyata bisa memberikan manfaat sehat. Minum hangat-hangat ditambah dengan campuran rempah kayu manis.

Minuman ini dipercaya bisa menjadi obat alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Barangkali minuman itu mirip seperti minuman kesehatan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Berikut manfaatnya,

 

Mengandung Antioksidan

Bahan utama dalam susu rempah ini adalah kunyit. Curcumin, komponen aktif dalam kunyit, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad karena sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel, melindungi tubuh dari stres oksidatif. Mereka penting untuk berfungsinya sel-sel.

 

Kurangi Nyeri Sendi

Bahan dalam susu kesehatan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Alzheimer dan penyakit jantung bisa dicegah sejak dini. Diet yang kaya akan senyawa antiinflamasi dapat mengurangi risiko terhadap kondisi ini. Penelitian menunjukkan bahwa jahe, kayu manis dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Efek antiinflamasi ini dapat mengurangi nyeri sendi akibat osteoartritis dan artritis reumatoid.

 

Tingkatkan Fungsi Memori dan Otak

Minuman ini juga baik untuk otak. Studi menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF adalah senyawa yang membantu otak membentuk koneksi baru dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel otak (13).

 

Tingkatkan Mood

Bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Dalam studi 6 minggu, 60 orang dengan gangguan depresi mayor menggunakan kurkumin, antidepresan, atau kombinasi.

 

Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menariknya, kayu manis, jahe, dan kunyit bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Turunkan Gula Darah

Bahan dalam susu sehat ini, terutama jahe dan kayu manis, dapat menurunkan kadar gula darah. Misalnya, 1-6 gram kayu manis per hari dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 29 persen. Selain itu, kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin. Namun tetap hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter.

 

Kurangi Risiko Kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sebagai contoh, beberapa penelitian menunjukkan sifat anti-kanker menjadi 6-gingerol, suatu zat yang ditemukan dalam jumlah besar dalam jahe mentah.

 

Antibakteri, Antiviral dan Antijamur

Merupakan obat rumahan yang bisa melawan pilek. Sifat tersebut bisa menambah daya kekebalan tubuh.

 

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Gangguan pencernaan kronis, juga dikenal sebagai dispepsia, ditandai dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian perut. Dengan minum ramuan ini bisa meredakan gejalanya.

 

Kuatkan Tulang

Kaya dengan kalsium dan vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Sehingga bisa mengurangi risikp osteoporosis.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *