Kenali 8 Gejala Kanker Usus – FAJAR –
Kesehatan

Kenali 8 Gejala Kanker Usus

FAJAR.CO.ID – Penyakit kanker usus bukanlah suatu kondisi yang ringan. Kanker usus juga bisa merenggut nyawa seseorang, seperti yang baru saja menimpa istri Ustaz Maulana yang meninggal Minggu (20/1) kemarin di Makassar.

Maka, penting bagi Anda untuk bisa mengenali penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, penyakit tersebut baru diketahui pada September 2018 lalu, meski dikabarkan sudah diidap mendiang sejak tujuh tahun lalu. Tim dokter mengatakan bahwa kankernya sudah mencapai paru-paru.

Kanker usus merupakan tipe kanker saluran cerna yang paling sering terjadi. Kanker ini paling sering terjadi di area usus besar yang berbatasan dengan anus.

Kanker kolorektal (kanker usus besar dan rektum) masih menjadi salah satu penyakit kanker tersering. Jenis kanker ini merupakan penyakit tiga besar penyebab kematian terbanyak akibat kanker baik pria maupun wanita di Amerika Serikat.

Kebanyakan kanker usus bermula dari kelainan usus besar yang disebut polip usus. Polip usus tidak bersifat seperti kanker, tapi memiliki kemungkinan perubahan ke arah kanker seiring berjalannya waktu. Polip bisa berukuran kecil dan berjumlah banyak, dan mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun.

Gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus umumnya sebagai berikut:

  1. Perdarahan saat buang air besar.
  2. Perubahan konsistensi feses, dapat cair atau keras. Biasanya berlangsung lebih dari 4 minggu.
  3. Nyeri perut.
  4. Rasa tidak lancar saat buang air besar, dan kurang puas ketika selesai.
  5. Anemia defisiensi besi (akibat kehilangan darah tanpa disadari).
  6. Lemah dan lesu.
  7. Berat badan menurun secara drastis.
  8. Saat sudah membesar, dapat teraba benjolan di perut.

Pada saat kanker usus masih dalam tahap awal, kemungkinan besar penderita tidak akan merasakan gejala apa pun.

Berbagai pemeriksaan akan dibutuhkan saat terdapat kecurigaan kanker usus seperti yang dialami istri Ustaz Maulana. Pemeriksaan bisa berupa cek darah hingga radiologi, terutama kolonoskopi. Metode kolonoskopi merupakan cara pemeriksaan kondisi usus besar dengan cara memasukkan kamera kecil melalui anus. (klikdokter/jpnn)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!