Risharyudi Serahkan Lima Unit Mobil Tangki Air ke Korban Tsunami Sigi

Senin, 21 Januari 2019 - 16:05 WIB

FAJAR.CO.ID, SULTENG – Pasca bencana gempa dan likuifaksi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) akhir tahun 2018 kemarin, warga di Kabupaten Sigi hingga kini masih sulit mendapatkan pasokan air bersih.

Atas dasar itu, Staf Khusus Kementerian Desa-PDTT Risharyudi Triwibowo berinisiatif memberikan bantuan lima unit mobil tangki air lewat program Direktorat Pembangunan Kawasan Pedesaan kepada korban gempa di Kabupaten Sigi.

Tiba dengan rombongan Kemendes, Risharyudi didampingi oleh Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta untuk menyerahkan bantuan lima unit mobil tersebut kepada perwakilan masyarakat Sigi. “Bantuan lima unit truk tangki air harus dikelola secara akuntabel dan profesional oleh BUMDes bersama, dengan tujuan pada pelayanan sosial, dalam artian pelayanan air bersih/air minum dengan tarif yang sangat ekonomis rasional,” kata Risharyudi lewat pesan tertuklisnya, Senin (21/1).

“Jika satu tabung galon air minum isi ulang seharga Rp 5 ribu pada umumnya, maka dengan unit usaha ini bisa dipasang tarif sebesar Rp 2-3 ribu pergalon, dana yang didapat dari hasil penjualan air bersih/air minum digunakan untuk pemeliharaan aset bantuan dan operasional pelayanan,”sambungnya.

Usia penyerahan bantuan lima unit mobil tangki air yang bersumber dari anggaran bantuan tanggap darurat tahun 2018 itu, Risharyudi bersama Bupati Sigi dan rombongan langsung meninjau pembangunan embung di Kabupaten Sigi.

Pembangunan embung desa ini diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat desa, serta kehadiran embung desa ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Sigi.

Diketahui, lima unit truk tangki air itu berkapasitas 5.000 liter untuk memenuhi kebutuhan 70 titik huntara (hunian sementara) di Sigi. Satu titik huntara terdapat 10-20 bedeng, yang mana dalam satu bedengan dihuni sekitar 20-30 KK. (RGR/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.