PLTP Ungaran Segera Dibangun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - PT PLN Persero segera menggarap proyek geotermal Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Gunung Ungaran. Yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang diproyeksikan menghasilkan tenaga listrik 55 Megawatt (MW).

Sebelumnya, WKP Ungaran dikelola pihak swasta. Namun karena mangkrak, kemudian diambil alih PLN pada pertengahan 2017. Sesuai undang-undang yang baru, perusahaan negara tersebut akan menjadi operatornya.

"Ungaran itu potensi 55 (MW). Tapi yang P1 sudah 110 (MW). P1 itu potensi yang sudah proven. Tahap pertama 55 MW. Tapi nanti bisa kami kembangkan," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abumanan usai melakukan audiensi di ruang kerja Gubernur Jateng, Selasa (22/1).

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah (Jateng) Teguh Dwi Paryono menambahkan, pemerintah sangat mendukung proyek ini. Saat ini sudah memasuki perencanaan yang juga melibatkan akademisi dari Universitas Diponegoro.

"Ini sudah mulai. Artinya tahap persiapan. Setelah nanti sosialisasi ada kegiatan eksplorasi, penelitian. Nanti melibatkan akademisi Undip. Mungkin setelah April lebih digencarkan," beber Teguh.

Jateng sendiri memiliki enam wilayah potensial panas bumi. Meliputi Gunung Ungaran, Gunung Lawu, Baturaden, Gucci, Telomoyo dan Dieng. "Kalau untuk Jateng, kami berharap. Jika Ungaran sudah jadi, kemudian Baturaden jadi, akan mempercepat bauran energi. Kami punya road map. Kalau satu pembangkit itu sudah menaikkan 12 persen, kalau 2 sudah 24 persen. Padal selama ini pertumbuhan dalam 1 tahun secara historical 2 sampai 1 persen," jelas Djoko.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...