Elite Gerindra: Kalau Jadi Presiden, Prabowo Juga Bebaskan Ba’asyir

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tarik ulur pembebasan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir masih terus berlanjut. Setelah disebutkan akan bebas dalam sepekan kedepan, namun pemerintah menyatakan saat ini sedang melakukan kajian terhadap rencana tersebut.

Terlepas dari polemik itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan mengapresiasi langkah pemerintah membebaskan Ba’asyir. Apalagi karena pertimbangan kemanusiaan.

Hal serupa pun akan dilakukan Prabowo Subianto jika tengah memimpin pemerintahan.

“Itu yang akan dilakukan juga pak Prabowo kalau memerintah, memang kekuasaan itu digunakan untuk hal-hal yang baik kan, tidak perlu menunggu lama-lama dan tidak perlu menunggu momen untuk berbuat baik,” ujar Dasco di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (23/1).

Namun, lanjut Dasco, seharusnya pemerintah mematangkan terlebih dahulu rencana pembebasan Ba’asyir. Sehingga tidak terjadi kegaduhan
seperti saat ini.

“Tetapi hak seperti ini harus melalui kajian yang mendalam, harus dikaji dulu by action. Jangan rencana action sudah dibuka, timbul kendala baru dikaji,” imbuhnya.

Meski demikian, anak buah Prabowo itu tidak semata-mata menyalahkan Joko Widodo (Jokowi) dalam perkara ini. Mengingat tidak semua usulan keputusan berasal dari Presiden.

“Tidak semua kemudian keputusan itu dari Presiden. Keputusan itu kan biasa dari bawah, nah kajian ini yang mungkin tidak matang menurut saya,” jelasnya.

Di sisi lain, terkait keengganan Ba’asyir menandatangani sumpah setia kepasa NKRI dan Pancasila sebagai syarat bebas bersyaratnya pun
harus menjadi fokus pemerintah. Karena dengan usia yang sudah lanjut, harus ada pendekatam khusus kepada Ba’asyir agar mengerti akan
hal itu.

“Mungkin penafsiran persepsi orang masing-masing beda, apalagi udah sepuh begitu. Memang perlu pendekatan dan pemberian pemahaman pada orang yang tepat pada ustad (Ba’asyir, Red) gitu loh. Supaya pemberian pembebasan itu pas,” pungkas Dasco.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar