Prediksikan Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan, BMKG Minta Warga Tetap Siaga – FAJAR –
Sulsel

Prediksikan Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan, BMKG Minta Warga Tetap Siaga

Grafis yang memperlihatkan citra satelit cuaca real time, warna-warna yang ada menandakan suhu puncak awan. (Foto ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar mencatat dalam dua hari terakhir terjadi intensitas hujan lebat hingga sangat lebat. Hingga tiga ke depan curah hujan masih di perkirakan akan lebat hingga sangat lebat.

Pada 21 Januari 2019 kemarin curah hujan di Panaikang 122 mm, Maros 133 mm, Hasanuddin 197 mm, Gowa 101 mm, Paotere 84 mm. Sedangkan pada 22 Januari 2019, terjadi penurunan curah hujan di Panaikang 65.4 mm, Maros 71.1 mm, Hasanuddin 78.4 mm, Gowa 92 mm, Paotere 78.4 mm. Dan kecepatan angin tertinggi di Paotere sebesar 36 Knot (66.67 km perjam).

PLT BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi disebabkan adanya daerah tekanan rendah disekitar laut Timor. Selian itu kelembaban udara yang tinggi disertai labilitas udara dalam kategori labil sedang hingga kuat menyebabkan pertumbuhan Aan hujan sangat signifikan di wilayah Sulsel, khusunya pesisir barat dan selatan.

Dikatakan Joharman, dalam tiga hari ke depan (24 sampai 26 Januari 2019), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang diperkirakan masih rapat terjadi di wilayah Sulsel bagian barat.

“Wilayah barat tersebut meliputi, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, dan Gowa. Dan untuk Sulsel bagian selatan meliputi Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Kepulauan Selayar,”katanya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel, dengan potensi gelombang tinggi di Teluk Bone sekitar 1.25 hingga 2.5 meter. Sedangkan gelang dengan tinggi 4.0 hingga 6.0 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulsel, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Kepulauan Selayar, dan Laut Flores.

“Masyarakat juga dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang dalam tiga hari ke depan. Waspada juga terhadap potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, dan pohon tumbang,”jelasnya. (sul/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!