Erdogan Temui Putin di Moskow Bahas Situasi di Suriah

FAJAR.CO ID - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskau untuk membahas situasi di Suriah. Turki berniat membentuk zona keamanan di Suriah utara.

Turki dan Rusia selama ini berada di sisi yang berlawanan dalam perang di Suriah. Sementara Rusia mendukung pemerintahan Bashar al-Assad, Turki justru mendukung kubu pejuang Suriah yang berperang melawan pemerintahan Assad. Namun sejak hubungan Turki dengan AS di bawah Trump merenggang, Presiden Erdogan berusaha merangkul aliansi baru.

Recep Tayyip Erdogan menyambangi presiden Rusia, Vladimit Putin di Moskow Rabu (23/1) . Sebelumnya dia mengatakan, fokus utama pembicaraannya dengan Putin adalah pembentukan "zona aman" di Suriah utara, yang berada di bawah kontrol Turki.

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump mengancam Turki dengan "konsekuensi dahsyat", seandainya pasukan Turki menyerang kelompok Kurdi di Suriah, yang selama ini didukung pasukan AS dalam perang melawan kelompok teror ISIS. AS juga menuntut pembentukan zona aman untuk memungkinkan penyaluran bantuan ke Suriah.

Posisi Rusia belum jelas

Rusia, yang sejak awal mendukung pemerintahan Assad, kemungkinan akan menentang rencana pembentukan zona aman. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov minggu lalu mengatakan, Pemerintah Suriah harus mengambil alih kendali di kawasan utara negara itu.

Konflik di Suriah sudah berlangsung selama delapan tahun dan menelan banyak korban jiwa. Baru-baru ini, Presiden Donald Trump secara mengejutkan mengumumkan, AS akan menarik pasukannya dari Suriah dengan argumentasi ISIS telah dikalahkan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...