Rilis Aplikasi SiMANIS PSP, Ditjen PSP Terapkan Keterbukaan Informasi – FAJAR –
Pertanian

Rilis Aplikasi SiMANIS PSP, Ditjen PSP Terapkan Keterbukaan Informasi

BOGOR – Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) merilis aplikasi Sistem Informasi dan Manajemen Spasial Prasarana dan Sarana Pertanian (SiMANIS PSP). Fungsi aplikasi ini selain media informasi, juga menjadi sarana pengawasan bantuan serta kemudahan prasarana dan sarana pertanian.

“Ini menjadi bentuk pengaplikasian audit semua program di Ditjen PSP secara spasial dan real time,” ujar Dirjen PSP Kementan, Pending Dadih Permana dalam dalam Rapat Koordinasi dan dan Sinkronisasi (Rakorsin) Ditjen PSP Tahun 2019 di Bogor, Rabu (23/1).

SiMANIS PSP ini, menjadi upaya penyiapan, penyediaan, dan pengelolaan data dan informasi kegiatan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian dalam bentuk peta spasial yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders yang membutuhkannya (layanan publik) secara cepat, akurat, dan ter-update. Dalam aplikasi bisa terlihat progress masing-masing bantuan secara spasial seluruh Indonesia.

“Misalnya saja bantuan alsintan yang diberikan akan terlihat jelas dimana posisinya, jumlahnya berapa. Bahkan beberapa alsintan nanti akan diberikan GPS sehingga mengetahui dipergunakan atau tidak,” papar Dadih Permana.

Begitu pula dengan data perluasan dan perlindungan lahan yang bisa terlihat lokasi hasil cetak sawah yang dilakukan Ditjen PSP sejak 2017 hingga saat ini. Sedangkan pupuk, dalam SiManis bisa terlihat realisasi penyaluran pupuk sejak 2018.

“Begitu pula dengan akses asuransi pertanian yang sudah terpantau realisasinya di Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi,” tambahnya.

Menariknya, dalam SiManis juga terdapat peta interaktif yang berisikan semua program Ditjen PSP yang sudah disalurkan di semua daerah di Indonesia.

Ditambahkan Dadih, SiManis ini bisa diakses oleh masyarakat umum sehingga bisa turut memantau setiap program bantuan yang digulirkan oleh pemerintah pusat. Cukup mengakses website/laman Ditjen PSP di www.psp.pertanian.go.id kemudian carilah tampilan aplikasi SiManis yang berada di kanan layar.

Atau, bisa dengan mengakses search engine dan memasukkan kata kunci SIMANIS PSP dan akan terlihat laman dari SiManis untuk bisa Anda akses.

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!