Xiaomi Pamer Smartphone Dua Lipatan, Begini Tampilannya

Kamis, 24 Januari 2019 - 13:46 WIB

FAJAR.CO.ID – Selain menjual produk smartphone murah, Xiaomi rupanya ingin naik kelas lewat perangkat inovatif. Xiaomi baru-baru ini pamer smartphone lipat atau foldable phone seperti yang dipamerkan Samsung lewat handset yang disebut sebagai Galaxy F yang dikenalkan tahun lalu. Samsung Galaxy F juga kabarnya akan diungkap pada 20 Februari mendatang.

Smartphone lipat Xiaomi sendiri tentu berbeda dengan milik Samsung. Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Engadget, Kamis (24/1), smartphone Xiaomi memiliki lipatan di dua sisi kanan dan kirinya. Bukan di tengah sepert yang dipamerkan Samsung.

Smartphone lipat Xiaomi sendiri dipamerkan oleh salah satu petinggi dan pendirinya, Lin Bin. Dia telah mengonfirmasi dalam sebuah video yang di-posting di Weibo. Dalam video, terlihat Lin Bin menggunakan gadget berukuran tablet hingga ia melipat kedua sisinya dan menggunakannya seperti dia menggunakan smartphone konvensional.

Sebagaimana JawaPos.com (Grup Fajar) lihat, user interface (UI) perangkat tersebut bahkan dapat mengubah ukuran secara otomatis untuk menempati bagian tengah layar. Karenanya, user tidak perlu membalik perangkat untuk melihat bagian layar yang terlipat dan hanya fokus pada layar bagian depan saja.

Untuk membuatnya tampak seotentik mungkin dengan perangkat smartphone konvensional kala handset dilipat, perusahaan menempatkan tombol daya di bagian tengah atas perangkat ketika dipegang dalam mode lansekap. Dengan begitu, tombolnya akan tetap mudah diakses ketika digunakan sebagai mode ponsel.

“Xiaomi dual folding phone akan datang! Setelah menangani layar lipat fleksibel, engsel lipat empat arah, teknologi penutup fleksibel, adaptasi MIUI, dan tantangan teknis lainnya, kami telah membuat ponsel lipat pertama,” kata Lin Bin dalam posting-annya.

Lin Bin melanjutkan, perangkat tersebut harus menjadi smartphone lipat pertama di dunia berdasarkan faktor bentuk lipat ganda luar simetris yang secara sempurna menggabungkan pengalaman tablet dan telepon praktis dan indah. “Meskipun masih berupa prototipe, kami menunjukkannya kepada Anda semua. Jangan ragu untuk berbagi, berkomentar, dan like-nya,” sambung Lin Bin dalam unggahannya

Kendati dirinya mengatakan bahwa perangkat yang dipamerkan itu hanya prototipe sampai pada titik ini, namun begitu dirinya menyebut bahwa perusahaan akan memproduksi secara massal smartphone lipat itu jika mendapat umpan balik positif dari konsumen di media sosial tersebut.

Menurut dia, jika konsumen menyukainya, Xiaomi akan mempertimbangkan memproduksi secara massal. “Kami juga ingin memberi nama prototipe ini. Bagaimana menurut kalian? Saya punya dua, Mi Dual Flex atau Mi Mix Flex. Saran diterima,” jelasnya.

Menyoal smartphone lipat, seperti pernah kami beritakan sebelumnya, selain Samsung dengan Galaxy F, vendor lain semisal Huawei juga dikabarkan berniat membuat smartphone lipat. Lainnya, ada juga raksasa Amerika Serikat (AS), Apple, yang dikabarkan berminat pula ikut andil meramaikan teknologi smartphone lipat.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *