5 Khasiat Rebusan Teh Biji Ketumbar untuk Gula Darah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gula darah yang tak terkontrol erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Komplikasi penyakitnya menakutkan karena bisa menyerang bagian mana saja di seluruh tubuh.

Diabetes adalah suatu kondisi ketika pankreas tidak mampu menghasilkan jumlah insulin yang cukup atau tubuh tidak merespons, yang selanjutnya mengakibatkan lonjakan kadar gula darah di atas normal. Oleh karena itu untuk mencegahnya, seseorang harus mengendalikan pola makan untuk menjaga kadar gula darah.

Dilansir dari NDTV, Minggu (27/1), ternyata, rempah mungil biji ketumbar mempunyai khasiat sehat untuk mengatur kadar gula darah. Biji ketumbar merupakan rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa. Ketumbar memiliki nutrisi penting seperti kalium, zat besi, vitamin A, C dan K, asam folat, magnesium, dan kalsium.

Biji ketumbar membantu mengelola kadar gula darah. Menurut Pelatih Kesehatan dan Ahli Nutrisi Makrobiotik Shilpa Arora, biji ketumbar yang direndam dalam segelas air dapat membantu resistensi insulin, dan mengendalikan gula darah. Biji tersebut memiliki minyak esensial yang mengelola kadar gula darah secara efektif.

Berikut adalah beberapa manfaat biji ketumbar seperti yang disarankan oleh The Floridian Research Institute:

1. Turunkan Kadar Glukosa

Biji ketumbar dikatakan dapat menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, untuk mempertahankan aktivitas insulin, dan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

2. Penelitian Pada Tikus

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine, biji ketumbar efektif dalam mengendalikan pelepasan insulin dari sel beta pankreas pada tikus diabetes yang diinduksi streptozotocin.

3. Kandungan Etanol Bermanfaat

Kehadiran etanol dalam biji ketumbar dikatakan efektif dalam mengurangi glukosa serum atau gula darah.

4. Sehatkan Pencernaan

Biji ketumbar juga membantu meningkatkan pencernaan, selanjutnya menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sistem pencernaan yang baik adalah kunci untuk mengendalikan diabetes.

5. Kendalikan Kolesterol

Selain itu, juga mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Cara Membuat:

Cara terbaik untuk membawa biji ketumbar mulai digunakan adalah dengan merendam beberapa di dalam air semalaman. Minumlah air pertama di pagi hari dalam keadaan perut kosong dengan air hangat. Tambahkan juga dalam resep sehari-hari.

Hal yang Harus Diperhatikan:

Manfaatkan bumbu yang luar biasa ini tetap harus dikonsultasikan dulu kepada dokter terutama bagi penderita diabetes. Sebab dikhawatirkan ada kontra indikasi mengonsumsi obat dan biji ketumbar secara bersamaan.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...