Akhir Pekan Wapres JK Cek Banjir Sulsel, Gelar Rapat Penanggulangan

Minggu, 27 Januari 2019 - 09:23 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Seolah tak ada libur bagi Wakil Presiden Jusuf Kalla pada akhir pekan. Minggu (27/1), JK bersama rombongan mengunjungi dampak banjir di Sulawesi Selatan.

Sebagaimana data BNPB per 25 Januari lalu, banjir itu menewaskan sedikitnya 45 orang. Di Sulsel, agenda utama JK dan rombongan mengunjungi bendungan Bili Bili, Kabupaten Gowa. Luapan air dari bendungan tersebut menyebabkan banjir di Maros dan Jeneponto. Banjir juga menyebabkan sedikitnya 10 jembatan rusak.

Dikabarkan sebelumnya bahwa bencana banjir yang melanda Kota Makassar dan enam kabupaten di Sulawesi Selatan, disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Enam wilayah yang diterjang banjir yaitu Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng.

Dalam rombongan ini, JK beserta Mufidah Jusuf Kalla berangkat dengan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe RJ-85, dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Mereka lepas landas menuju Makassar, Sulawesi Selatan sekitar pukul 07.00 WIB atau 08.00 WITA. Diperkirakan mendarat di Pangkalan Udara TNI AU Hasanuddin pukul 10.20 WITA.

Dalam perjalanan ke Sulsel, JK didampingi juga oleh sejumlah menteri dari Kabinet Kerja. Di antaranya Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Soeharso Monoarfa, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres Alwi Hamu, Staf Khusus Wapres M. Abduh, Tim Ahli Wapres M. Ikhsan serta Iskandar Mandji.

Setiba di Makassar, Wapres langsung disambut oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdulah dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulsel.

Usai menuju lokasi banjir, JK didampingi Gubernur Nurdin dan rombongan dengan berkendaraan mobil menuju Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo No.269, Makassar. Mereka akan rapat membahas penanggulangan banjir.

(rul/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.