Kunjungi Bili-Bili, JK Bahas Pembangunan Bendungan Jene’lata

Minggu, 27 Januari 2019 - 12:45 WIB

FAJAR.CO.ID, GOWA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla bertolak ke Makassar untuk meninjau lokasi yang terkena bencana banjir. JK pun langsung mengunjungi Bendungan Bili-Bili Kabuapten Gowa, Minggu (27/1/19).

Terlihat Wapres JK didampingi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan rombongan meninjau Bendungan Bili-Bili dan disambut Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL. Selain itu, Wapres juga didampingi Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Soeharso Monoarfa, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres Alwi Hamu, Staf Khusus Wapres M. Abduh, Tim Ahli Wapres M. Ikhsan serta Iskandar Mandji.

Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut yang paling mendesak untuk dilakukan dalam jangka pendek adalah pembangunan bendungan Jene’lata. Hal ini untuk mereduksi banjir di Kabuapten Gowa maupun di Kota Makassar.

“Dan jangka panjangnya adalah kota akan perbaiki hutan kita, lahan-lahan konservasi akan dikembalikan. Dan kita akan berkordinasi seluruh pihak yang terkait untuk bisa tegas mengambil sikap terhadap masyarakat yang melakukan pengalihan fungsi lahan,”kata Adnan usai rapat pertemuan di Bendungan Bili-Bili.

Dikabarkan sebelumnya, bencana banjir melanda beberapa wilayah di Sulsel disebabkan intensitas hujan yang tinggi. Diantaranya, Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pangkep, Wajo, dan Jeneponto.

Selain mengunjungi Bendungan Bili-Bili, Wapres JK juga mengunjungi salah satu jembatan yang putus akibat banjir di Kabupaten Gowa, yakni Jalan Poros Sapaya dan Desa Tanah Karaeng, Kecamatan Manuju.

Setelah itu, Wapres JK menuju Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar untuk memimpin rapat tentang penanggulangan bencana banjir. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.