Bangun Bendungan Jenelata di Kabupaten Gowa, Pemerintah Pusat Gelontorkan Dana Rp1,4 Triliun

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan mendukung penuh rencana pembangunan Bendungan Jenelata di Kabupaten Gowa, Sulsel.

Untuk itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bendungan tersebut.“Anggaran Bendungan Jenelata sekitar Rp 1,4 triliun,” ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Senin (28/1/2019).

Pembangunan Bendungan Jenelata ini juga berdasarkan instruksi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).Pasalnya, Jusuf Kalla menilai pembangunan bendungan tersebut dapat mengurangi dampak banjir dan longsor, serta melakukan kembali upaya perbaikan lahan konservasi.

“Kita targetkan agar tahun ini sudah bisa dibangun bendungannya. Termasuk juga memperbaiki lahan hutan dan daerah aliran sungai yang ada di Gowa,” jelas Jusuf Kalla saat menghadiri rapat penanggulangan banjir di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Minggu (27/1/2019) kemarin.

Untuk itu, Menteri PUPR Basuki menuturkan saat ini, bendungan tersebut telah dalam tahap pendesainan.“Sekarang lagi di desain detail desain Jenelata dengan kapasitas 200 juta meter kubik,” tuturnya.

(andi maya da/pojoksulsel)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...