Bos Abu Tours Dihukum 20 Tahun dan Denda Rp500 Juta

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Bos Abu Tours, Hamzah Mamba diponis 20 tahun penjara dan denda Rp500 juta. Keputusan hukuman bos Abu Tours ditetapkan setelah Ketua Majelis Hakim Denny Lumban Tobing membacakan putusan hukuman terhadap terdakwa , terkait tindak pidana pencucian uang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Senin (28/1/2019).

Hakim Denny meyakini terdakwa Hamzah terbukti secara sah dan meyakinkan melawan hukum tentang penggelapan dan pencucian uang sebagaimana yang diatur dalam undang-undang.

“Mengadili satu menyatakan terdakwa telah terbukti dan bersalah telah melakukan tindak pidana penucucian uang secara bersama-sama perbuatan berlanjut,” kata Hakim saat membacakan putusan Senin (28/1/2019).

Yang kedua terdakwa Hamzah Mamba dijatuhi pidana selama 20 tahun penjara dengan denda Rp500 juta.

“Dengan ketentuan jika terdakwa tidak membayarkan denda tersebut akan diberikan tambahan hukuman selama satu tahun dan empat bulan,” lanjut Denny dalam putusannya.

Hakim juga menetapkan terdakwa Hamzah tetap ditahan dan menjalani hukum.

Perbuatan melanggar pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan serta pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...