Cegah Bantuan Disalah Gunakan, Polda Sulsel Bentuk Satgas Pengamanan Bansos Korban Bencana Alam

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dalam mencegah penyalahgunaan bantuan sosial korban bencana alam, Polda Sulsel membentuk satgas pengamanan dan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat Sulawesi Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, saat ditemui disalah satu warung kopi, di jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (28/1/29).

"Kita sudah membentuk satgas pengamanan dan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat Sulawesi Selatan, jadi ini adalah tindak lanjut MoU antara Kapolri dengan Menteri Sosial," ucap Dicky.

Adapun tugas satgas, nantinya akan melakukan pengawalan terhadap bantuan sosial korban bencana alam dengan melakukan pengecekan terhadap sejumlah data dan bukti saat oknum memberi bantuan.

"Jadi satgas ini tugasnya melakukan verifikasi terhadap bantuan sosial bencana alam, baik bantuan dari masyarakat, LSM, organisasi masyarakat dari pemerintah, kita akan melakukan verifikasi," ungkapnya.

Dalam hal ini, Polri akan melakukan pengamanan agar bantuan yang masuk tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, bantuan akan sampai ke korban bencana alam tanpa adanya kendala dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"kemudian kami melakukan pengawalan dan pengawasan pada proses pendistribusian bansos, kemudian memberi bantuan nonfisik bansos, mencegah bentuk masalah hukum berupa tindak pidana korupsi, agar tidak menyalahgunakan bantuan dan tetap sasaran," beber Dicky.

Sementara, Ketua satgas pengamanan adalah Kapolda yang bekerjasama dengan dinas sosial pemerintah setempat. Sementara untuk polres-polres, ketua satgas itu kapolres masing-masing."Kita harapkan bantuan ini tepat sasaran dalam penyaluran dan tidak membawa kepentingan pribadi, hingga saat disalurkan bantuan sosial tidak disalahgunakan," tandasnya.(ade/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...