Jaksa Keberatan Atas Denda Rp500 Juta Bos Abu Tours


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jaksa Penuntut Umum (JPU) keberatan atas denda sebesar Rp500 juta kepada terdakwa Bos Abu Tour Tours Hamzah Mamba yang diberikan Ketua Majelis Hakim, Denny Lumban Tobing saat di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (28/1/2019).
Salah satu JPU, Nana Riana mengaku secara umum setuju dengan putusan hakim 20 tahun penjara. Namun keberatan atas denda Rp 500 juta yang dijatuhi majelis hakim kepada Hamzah Mamba.
“Ya memang ada perbedaann khususnya pidana denda. Kami saat itu tuntut Rp100 juta. Kami menilai waktu itu adalah hanya satu persen dari jumlah maksimal pasal 3 undang-undang pidana pencucian uang,” kata Nana saat ditemui.
Oleh sebab itu tim JPU, kata Nana akan berkoordinasi dengan pimpinannya untuk melakukan upaya banding dalam waktu sepekan ini.
“Terkait masalah denda ya kita akan coba berkoordinasi dengan pimpinan sesuai tujuannya. InshaAllah dalam waktu dekat ini kalau bukan besok kita sudah,” ungkapnya.
Nana melihat dari sisi keadilan khususnya bagi jamaah atau korban harus juga dipikirkan.
“Kami saat itu tuntut Rp100 juta. Kami menilai waktu itu adalah hanya satu persen dari jumlah maksimal pasal 3 undang-undang pidana pencucian uang. Jadi korban semakin kecil menerima,” ungkapnya.
Dari sisi itu kata dia mudah-mudahan terdakwa Hamzah memiliki itikad baik.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar