Tips Memilih Sandal Adventure yang Nyaman dan Stylish

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat ini tren adventure terus meningkat. Bukan hanya kaum pria, berpetualangan juga banyak diminati kaum hawa. Maka tidak heran jika industri adventure kini mengambil peluang ini untuk menyasar para pecinta adventure terutama di Indonesia.

Toto Sagitario, Produk Manager Outdoor Pro mengungkapkan bahwa peningkatan tren adventure di Indonesia juga didukung oleh peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata yang semakin serius dalam meningkatkan pariwisata Indonesia.

“Bisnis industri adventure juga didukung oleh government yang mencananagkan pariwisata baik air maupun gunung yang sifatnya outdoor. Sudah trennya sekarang. Sampai anak kecil SD (sekolah dasar) diajarkan untuk camping,” jelas Toto kepada Fajar.co.id saat gathering Outdoor Pro di Tangerang, Senin (28/1).

Saat perpetualang baik gunung, lembah, sungai dan jalan bebatuan maka sandal menjadi salah satu perlengkapan wajib untuk dimiliki. Sandal adventure juga berbeda-beda tergantung kegunaannya.

Nah, sebelum memilih sandal adventure, Toto menyarankan ada dua hal yang harus diperhatikan yakni pertama kenyamanan. Para petualang kini semakin muda jika ingin membeli sandal adventure apalagi di toko online.

Pastika ukuran sandal pas di kaki dengan cara mencobanya langsung di toko offline. Jika dirasa sudah pas lanjutkan pembelian di toko online. “Ini akan mempengaruhi kinerja sendal karena bukan hanya 4 jam – 5 jam, bahkan 7 jam jalan,” ujar Toto.

Kedua, perhatikan bentuk sandal. Dijelaskan Toto, bentuk sandal saat mendaki itu selalu sudah terencana. Misalnya saja untuk petualangan berhari-hari, kita sudah packing managenent, apa saja yang dibawa, beratnya berapa, dan alas kaki apa yang tepat.

Kemudian kata Toto, perhatikan pula medan yang akan dilalui apakah banyak lumpur, sungai, pasir bebatuan dll. “Harus diperhatikan (medan) pilih sandal yang spesialis untuk itu,” ujarnya.

Dikatakan Toto bahwa tidak ada satu produk sandal yang baik untuk semua medan, namun lebih ke produk spesialis. Ia mengatakan sandal akan sempurna sesuai dengan medan yang dihadapi.

“Bukan berarti satu produk dipakai semua (medan). Ada spesial, misal di bebatuan baik tapi di lantai lincin, kalah,” katanya.

Dan yang harus dipahami adalah sandal untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Hal ini kata Tito anotomi perempuan dan laki-laki berbeda terutama bentuk kaki.

Titik tekanan menyentuh tanah berbeda antara laki dan perempuan sehingga tapak atau insole dari sandalnya pun harus dibuat berbeda.

“Pada saat kita buat penelitian, itu yang paling utama. Kalau kita lihat di mall ada untuk ukuran kaki, sangat beda. Saat melangkah keliatan sekali. Sehingga menciptakan insole berbeda yang keras disebelah mana. Jadi harus beda dengan laki-laki.

Tahun ini lanjut Toto, melihat tren sandal adventure lebih simpel dan ringan. Maka dari itu, Outdoor Pro menciptakan berbagai macam sandal adventure untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak dengan desain simpel dan ringan.

Desain simpel dan ringan ini diciptakan dengan menggunakan teknologi baru yang mendukung produk ergonomic sehingga tetap nyaman meskipun dipakai berjam-jam. Untuk sandal gunung lanjut Toto, Outdoor Pro, beratnya tidak boleh melebihi 700 gram untuk laki-laki dan perempuan maksimal 500 gram.

“Sandal kita leading keringannya. Apagi produk lokal,” ujarnya.

Untuk tren warna, lanjut Toto lebih condong perpaduan warna-warna berani. Seperti abu-abu dikombinasikan dengan warna merah dan biru. Sedikit berbeda dari tahun lalu yang hanya memakai dua warna harmonis yakni abu-abu dan biru.

Tahun ini, Outdoor Pro mengeluarkan banyak koleksi sandal untuk memenuhi kebutuhan para petualang. Didesain khusus untuk adventure dengan teknologi baru untuk menghasilkan produk ergonomic sehingga nyaman. Bukan hanya nyaman, sandal ini juga didesain dengan gaya yang modern sehingga tetap tampil stylish.

“Penggunaan itu benar-benar dikhususkan ke adventure, buat hiking, naik gunung. Bukan hanya jalan-jalan biasa. Keluar masuk hutan, camping berhari-hari,” jelas Toto.

“Alas kaki kuat, nyaman. Karena jarak tempuh berjam-jam. Sandal kami juat kena batu atau lainnya, gak copot atau gak patah dan stylish,” sambungnya.

Produk karya anak bangsa ini kata Toto menghadirkan lima hingga enam kategori sandal spesialis adventure yakni hiking, water adventure, performace sangat ringan, lari memakai sandal. Dan ada juga kategori extra comfort, untuk jalan ke objek wisata.

“Extra comfort bukan berarti tidak bisa naik gunung, ini kelebihan kita. Kelihatannya sandal jalan-jalan gak hanya ke mall dan ke gunung yakin gak putus. Karena kita berikan garansi 1 tahun,” ujarnya.

Secara gender, lanjut Toto Outdoor Pro memiliki tiga kategori yakni, male, women, dan kids. Mengapa dibedakan? karena, kata ia memang di anatomi tubuh dan pergerakan berjalan itu berbeda antara laki-laki dan perempuan. Sehingga untuk sandal perempuan didesain khusus mulai dari bentuk hingga gaya yang lebih fashionable.

“Sekarang wanita sangat ingin mendaki gunung dan terlihat cantik, apalagi banyak komunitas pendaki cantik. Jadi produk untuk wanita fashionable sekali. Wanita ingin berbeda. Pasar sandal adventure bergeser karena makin banyak wanita yang menggemari kegiatan adventure,” jelasnya.

Harga yang ditawarkan cukup murah untuk produk adventure dengan banyak keunggulan yang ditawarkan. Dikatakan Toto, Outdoor Pro berada di level produk premium dengan harga berkisar Rp110 ribu – Rp220 ribu.

“Kategori male saat ini masih mendominas sekitar 70 persen, kids hanya 5 persen dan selebihnya women. Baru saja kita launching kids tahun lalu dan diterima baik sekali,” pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...