Kepindahan Agama Puput Tak Jadi Soal, Ayah: Dia Sudah Dewasa

Selasa, 29 Januari 2019 - 13:36 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar baik rencana pernikahan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dengan mantan Polwan, Puput Hastiti Devi semakin kencang berhembus. Status kepindahan agama Puput mengikuti keyakinan Ahok pun tak disoal oleh keluarga besar Puput.

Di mata keluarga, Puput merupakan sosok perempuan dewasa yang sudah bisa menentukan jalan hidupnya sendiri. Lantas, soal keputusan pindah agama dari Islam menjadi Nasrani pun sudah menjadi urusan pribadi Puput untuk menjalani hidupnya bersama Ahok.

Hal tersebut diungkapkan oleh ayahandanya, Teguh Sriyono. Kepada JawaPos.com (Grup Fajar), dia mengatakan bahwa segala sesuatu yang menyangkut pribadi anak pertamanya itu sudah menjadi urusan pribadi.

Menurutnya, untuk menentukan bersama dia menikah, pekerjaan apa yang akan digeluti, hingga keyakinan yang dianut menjadi tanggung jawab Puput sendiri.

“Puput sudah dewasa. Dia bisa menentukan jalan hidupnya sendiri. Termasuk untuk mengurusi rencana pernikahannya (dengan Pak Ahok). Semuanya Puput sendiri yang mengurusi. Sebagai orang tua, kami hanya bisa memberikan yang terbaik,” ungkap Teguh saat ditemui di kediamannya di RT 01 RW 09 Kelurahan Pasir Gunung Selatan Kecamatan Cimanggis, Depok, Selasa (29/1).

Teguh menyampaikan, dia sendiri belum tahu pasti kapan rencana putri sulungnya itu akan menikah dan kapan akan dilangsungkan. Karena untuk rencana pernikahan Ahok, belum ada pembicaraan soal waktu dan tempat untuk melangsungkannya.

“Lebih jelasnya tanya ke Puput saja ya, karena dia yang urus-urus semua. Saya belum tahu pasti kapan rencana menikah, dan tempatnya dimana. Sekarang proses administrasinya sedang diurus sama Puput,” kata Teguh.

Sebelumnya, Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten membenarkan jika Ahok dan Puput akan menyelenggarakan pernikahan di Menteng, Jakarta Pusat.

Aslih pun membenarkan jika semua persyaratan dari kelurahannya sudah diurus keluarga pihak perempuan. Bahkan, dia menjelaskan ayahanda dari Puput yaitu Aiptu Teguh Sriyono yang mengurusi berkas-berkas.

“Oh, iya saya waktu membuat keterangan memang dari KTP KK bapaknya yang ngurus. Jadi dia itu nanti tercatat juga nikah di Disduk Menteng,” ungkapnya.

Sementara Ketua RW 09 Pasir Gunung Selatan, Marjuki membenarkan jika Puput berencana akan menikah. Hal itu diketahui saat Ketua RT 01 RW 09, Nurcahyono meminta surat belum pernah menikah untuk Puput ke padanya pada tanggal 21 Januari 2019 lalu.

“Rencana menikah Puput dan Ahok, saya tahunya saat itu Puput meminta surat belum pernah menikah. Itu pun diwakili oleh ketua RT nya,” terangnya.

Selain surat belum pernah menikah, belum ada surat lain yang dikeluarkan oleh Ketua RW 09. Marjuki mengatakan, izin menikah bisa diproses langsung oleh pihak kelurahan. Hal tersebut memang sah.

Akan tetapi, Puput sebagai warga RW 09 Kelurahan Pasir Gunung Selatan seharusnya memberi tahu dan memenuhi proses administrasinya. Mengingat, kebiasaan warganya bila ada yang mau menikah, melapor terlebih dahulu kepada Ketua RW.

“Menurut prosedur, ya warga mau menikah baiknya berkunjung ke RW lebih dulu. RW tidak perlu banget soal pernikahan Puput dan Ahok. Tapi yah, saya senang bila ada warga yang mau menikah atau sekadar memohon doa restu,” ucap Marjuki.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *