Mengintip Teknologi Bluetooth Terbaru yang Bakal Makin Canggih

FAJAR.CO.ID – Teknologi Bluetooth terbaru tampaknya bakal semakin canggih. Bluetooth v5.1 tersebut kabarnya akan memiliki navigasi dalam ruangan dan tag pelacak.

Sebagaimana dikutip dari laman GSMArena, Rabu (30/1), Bluetooth v5.1 terbaru akan dilengkapi navigasi dan tag pelacak sebagai fitur pencarian arah bluetooth. Pada dasarnya, ini menyediakan cara untuk mengetahui arah dari mana koneksi bluetooth akan datang.

Saat ini, Bluetooth hanya dapat memperkirakan jarak (berdasarkan kekuatan sinyal). Sementara Bluetooth v5.1 akan memiliki dua cara. Selain bisa memperkirakan jarak, juga mampu melacak arah dengan menggunakan beberapa antena (baik pada telepon atau pada pemancar). Jadi, pengguna nantinya bisa melacak keberadaan bluetooth. User akan mendapatkan panah yang dapat mengarahkan ke posisi yang benar, bukan hanya petunjuk indikasi sederhana saja seperti menggunakan lampu LED.

Bluetooth 5.1 juga akan meningkatkan mode Iklan. Ini adalah cara bagi perangkat untuk berkomunikasi tanpa secara eksplisit terhubung satu sama lain. Misalnya termometer pintar menyiarkan pengukurannya (dengan tampilan iklan).

Selain itu, teknologi bluetooth terbaru juga mampu bekerja pada perangkat dengan baterai terbatas semisal pada jam tangan pintar atau smartwatch. Perangkat yang terkoneksi seperti smartwatch dan smartphone juga memungkinkan berbagi data dalam hal ini iklan yang dapat mendukung pekerjaan pengguna.

Perubahan lain pada Bluetooth v5.1 akan mempercepat proses koneksi untuk perangkat yang sudah disambungkan sebelumnya. Singkatnya, saat menghubungkan ke suatu perangkat, ia mengirimkan daftar kemampuannya. Daftar itu dapat di-cache untuk menghemat waktu dan energi (caching telah diaktifkan sebelumnya, tetapi v5.1 akan membuatnya lebih pintar).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...