Olah 3 Resep Asam Jawa yang Berkhasiat Bagi Tubuh

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JÀKARTA – Asam Jawa menjadi rempah yang juga berkhasiat bagi obat. Di Meksiko dan beberapa negara Amerika Latin lainnya, asam jawa disebut tamarindo. Rasa manis dan asam yang khas biasa digunakan dalam makanan, minuman, sirup, saus, dan permen.

Asam Jawa telah lama menjadi obat tradisional. Misalnya pengobatan sakit tenggorokan karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asam jawa mungkin memiliki sifat menurunkan kolesterol dan gula darah.

Dilansir dari Very Well Health, Rabu (30/1), asam Jawa paling enak dimakan dalam jumlah kecil atau digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa makanan dan minuman. Asam Jawa merupakan sumber vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, zat besi, tiamin, fosfor, riboflavin, dan serat yang sangat baik. Setengah cangkir asam Jawa mengandung 140 kalori, 0,4 g lemak, 38 g karbohidrat, 34 g gula, 3 g serat, dan 2 g protein. Berikut beberapa olahan asam jawa untuk kesehatan.

Dibentuk Permen

Cara paling sederhana untuk menikmati asam adalah dalam bentuk permen. Barangkali Anda pernah memakan permen asam jawa ditambah dengan serbuk gula. Cara ini bisa juga mengurangi rasa mual.

Jadikan Minuman

Asam Jawa dicampur dengan kunyit juga dapat memberikan khasiat bagi perempuan untuk meredakan haid. Maka rebuslah keduanya bisa tambahkan sedikit gula merah atau gula pasir sesuai selera.

Tambahkan dalam Masakan

Asam Jawa sangat cocol dicampur dalam kari, dengan jahe dan lada merah. Ikan pedas dengan saus asam Jawa juga merupakan hidangan yang enak untuk dicoba. Atau cobalah membuat saus steak dengan asam Jawa panggang. Dan untuk makanan vegetarian segar, cobalah salad kangkung dan buncis dengan saus asam Jawa.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar