4 Manfaat Jus Ceri untuk Kesehatan, Terutama Jantung

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Buah ceri seringkali ditemukan pada kue sebagai penghias. Namun, buah ceri tak selalu manis karena terdiri dari dua jenis, yaitu manis dan asam.

Sebuah studi pada tahun 2018 meneliti ceri asam dan ceri manis. Ternyata, keduanya ditemukan memiliki atribusi kesehatan positif yang serupa.

“Secara keseluruhan, jus ceri bisa menjadi tambahan positif untuk diet sehat. Namun, ketika memilih jus ceri atau makan ceri asam, pastikan produk tersebut tidak mengandung gula tambahan, dan bahwa produk tersebut 100 persen ceri,” kata Kaley Todd, RD dan Ahli Gizi untuk Sun Basket.

Ternyata jus ceri juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Berikut manfaat jus ceri sebagaimana dilansir dari Byrdie, Jumat (1/2).

 

  1. Peningkatan Kesehatan Jantung

Para peneliti percaya ceri asam atau dikenal ceri tart dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kardiovaskular karena jumlah antosianinnya. Antosianin adalah pigmen biru, merah, atau ungu yang ditemukan pada tanaman dan merupakan jenis flavonoid, kelas senyawa dengan efek antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, mengurangi peradangan, dan meningkatkan lemak perut. Selain itu, orang dewasa yang minum jus ceri tart mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan lipoprotein densitas rendah (LDL), atau kolesterol jahat.

 

  1. Tidur Lebih Baik

Ceri tart adalah sumber alami melatonin, hormon pemicu tidur yang naik dan turun. Para peneliti percaya kombinasi melatonin dan antosianin dalam ceri bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Satu studi menemukan orang dewasa yang minum dua porsi konsentrat jus ceri setiap hari selama tujuh hari tidur rata-rata sekitar 40 menit lebih lama dan mengalami peningkatan efisiensi tidur hingga enam persen, dibandingkan dengan peserta yang minum minuman lain.

 

  1. Pemulihan Pasca Latihan

Karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang tinggi, ceri tart adalah sumber pemulihan otot yang baik setelah berolahraga.

 

  1. Meringankan Nyeri Osteoarthritis

Satu penelitian menemukan bahwa partisipan yang minum 10,5 ons jus ceri dua kali sehari selama 21 hari mengalami penurunan yang signifikan dalam penyebab peradangan. Para peneliti menyimpulkan bahwa jus ceri mungkin cara yang efektif bagi pasien osteoarthritis untuk mengelola penyakit mereka.

Secara terpisah, penelitian lain menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi dua botol jus ceri tart 8 ons setiap hari selama enam minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengurangi rasa sakit, kekakuan dan fungsi fisik yang berkaitan dengan osteoarthritis.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...